Pospenas Antarpesantren Resmi Dibuka, Menag: Sportifitas Adalah Ajaran Agama

Rabu, 23 November 2022 - 23:43 WIB
loading...
A A A
Ajang Pospenas ini, kata Menag, menjadi salah satu bentuk kehadiran negara dalam meningkatkan kebugaran jasmani, rohani, dan prestasi santri. "Maka berikan yang terbaik untuk pesantren, provinsi masing-masing, dan juga Indonesia," tambahnya.

Pospenas IX Tahun 2022, akan digelar di beberapa venue di Kota Surakarta pada 23-27 November 2022. Acara ini mengambil tema “Gerak Santri, Bangkit Negeri”, dikaitkan dengan semangat hari santri, karena Pospenas sendiri adalah bagian dari rangkaian acara Hari Santri 2022.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani mengaku senang, para santri dapat bertanding di stadion Manahan yang berkelas Internasional.

Namun arti Pospenas lebih dari itu, yaitu memupuk persatuan, persahabatan dan persaudaraan antar santri serta membangkitkan santri untuk untuk menjaga NKRI.

"Karena masih pandemi, Pospenas 2022 digelar tetap dengan menerapkan protokol kesehatan. Seluruh atlit sudah divaksin dan swab antigen," katanya.

Pospenas adalah event tahunan yang diinisiasi oleh Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama RI.

Penyelenggaraannya melalui kerja sama kolaboratif antar kementerian sesuai dengan nota kesepahaman antara Menteri Agama, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Menteri Pariwisata.

Kementerian Agama sebagai leading sector event ini menempatkan diri sebagai kepanjangan tangan negara untuk memberikan pembinaan kepada santri dan pondok pesantren, dengan menghadirkan suasana kompetisi yang menstimulasi pengembangan olahraga dan seni di kalangan pesantren.

Saat ini, menurut data Kemenag, terdapat 4,5 juta pondok pesantren yang menaungi 37,6 juta santri. Yang turun di arena Pospenas IX kali ini adalah 2.867 santri dari 34 provinsi yang memperebutkan 312 tropi dari 12 cabang olah raga dan seni yang dipertandingkan.

Di antaranya atletik (lari, lompat jauh, tolak peluru), senam santri, senam SKJ, tenis meja, sepak bola, pencak silat, pidato tiga bahasa, film pendek, kaligrafi, hadrah, dan stand up commedy.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1384 seconds (10.55#12.26)