Simak Jurus Mahasiswi Universitas Pertamina Juarai Lomba Karya Tulis Ilmiah

Jum'at, 25 November 2022 - 01:43 WIB
loading...
Simak Jurus Mahasiswi Universitas Pertamina Juarai Lomba Karya Tulis Ilmiah
Mahasiswa Program Studi Komunikasi Universitas Pertamina (UPER), mendapat Juara 1 pada Lomba Esai Nasional yang diselenggarakan Universitas Sriwijaya. Foto/Dok/UPER
A A A
JAKARTA - Sebagai mahasiswa , salah satu tugas yang paling umum diberikan adalah membuat karya tulis ilmiah seperti esai atau paper. Maka dari itu, bagi mahasiswa baru, mungkin akan terasa sedikit kesulitan saat mulai menulis karya tulis ilmiah.

Menurut Michael W. Kraus, Associate Professor dari School of Management Yale University, kesulitan menulis karya tulis ilmiah biasanya dialami mahasiswa karena belum terbiasa menulis, asing dengan struktur penulisan ilmiah, dan analisa data.



Mengutip dari situs Exploratorium.edu, keterampilan membuat karya tulis ilmiah penting bagi mahasiswa karena dapat membantu dalam analisis dan sintesis ide, serta menyampaikannya kepada para pembaca.

Tiga mahasiswi Program Studi Komunikasi Universitas Pertamina membagikan tips untuk menulis karya tulis ilmiah dengan baik. Mereka adalah Netti Anjelina, Chintya Maulini, dan Ade Amalya, yang berhasil meraih prestasi dalam kompetisi esai dan paper nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Sriwijaya.

Ini jurus-jurus mereka dalam menulis karya tulis ilmiah yang baik:

1. Tentukan tema yang ingin diangkat

Sebelum menulis karya tulis ilmiah, pastikan untuk menentukan tema yang ingin diangkat di karya tulis. Meskipun biasanya tema besar telah ditentukan, tentukan tema yang lebih spesifik ingin dibahas.



Netti mengatakan, untuk itu perlu melakukan riset tentang fenomena yang sedang hangat terjadi di media massa atau media sosial.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5134 seconds (0.1#10.140)