Ini Sembilan Alasan Kenapa Menjadi Guru Itu Keren

Sabtu, 26 November 2022 - 10:40 WIB
loading...
Ini Sembilan Alasan Kenapa Menjadi Guru Itu Keren
Guru yang berkualitas serta profesional diyakini mampu menciptakan generasi bangsa yang bermutu dan bermartabat. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Pendidikan menjadi tolok ukur keberhasilan suatu bangsa. Dan sebagai ujung tombak pendidikan, guru memiliki peran penting dalam dunia pendidikan.

Guru yang berkualitas serta profesional diyakini mampu menciptakan generasi bangsa yang bermutu dan bermartabat serta mampu menghadapi persaingan global.

Pada 25 November, Indonesia memperingati Hari Guru Nasional. Sejarah Hari Guru Nasional ini tidak terpisahkan dari penghormatan pemerintah di era Presiden Soeharto kepada Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Masih dalam menyambut peringatan Hari Guru Nasional, berikut ini 9 alasan mengapa menjadi guru itu keren yang dikutip dari laman Ruangguru.

1. Punya peran penting bagi masa depan

Baca juga: Hari Guru Nasional, Jokowi Posting Gambar Ilustrasi Belajar di Luar Kelas

"Today you lead the school, tomorrow your students will lead the world."

Menjadi guru, maka menjadi sosok yang digugu dan ditiru, juga jadi panutan. Guru adalah pengganti orang tua siswa di sekolah. Selain ilmu, siswa juga akan mencontoh perilaku gurunya. Kalian jadi memiliki peran penting dalam membentuk perilaku siswa ke depannya. Tanpa disadari, sekecil apapun hal yang kalian bagikan, bisa berarti sangat besar dan menggiring pada kesuksesan.

2. Meningkatkan wawasan dan semangat belajar

Saat mengajarkan sesuatu, kalian akan turut serta belajar. Sebab tidak mungkin mengajari orang lain tentang sesuatu tanpa menguasai bidang tersebut? Apalagi kalau menghadapi pertanyaan-pertanyaan. Dengan mengajar, semangat untuk terus belajar dalam diri akan semakin bertambah. Bonusnya? Otak juga semakin terampil kemampuannya karena terus-menerus diasah dan pengetahuan kalian semakin luas tentunya.

3. Jam kerja fleksibel
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2064 seconds (0.1#10.140)