Melirik Vokasi, Jalur Pendidikan Tinggi yang Makin Digandrungi

Minggu, 27 November 2022 - 10:00 WIB
loading...
A A A
Vokasi UI pun memiliki laboratorium untuk praktek setiap program studi yang didesain sesuai dengan masukan dari dunia industri dan usaha. Padang menjelaskan setiap tahun dalam penyusunan atau merevisi kurikulum, pihaknya mengundang mitra-mitra yang kebanyakan dari industri.

Dia mengklaim vokasi UI pun mengikuti dan mengadaptasi perkembangan revolusi 4.0 dalam kurikulum dan praktek perkuliahannya. “Kebutuhan industrinya memang sudah 4.0. Contohnya, program studi akuntansi, bisnis kreatif, dan pajak, itu intinya sudah menggunakan teknologi atau suatu software yang berbasis 4.0. Kami investasi untuk teknologi digitalnya sehingga nanti mereka menjadi lulusan yang (terbiasa) menggunakan teknologi (tersebut). Skill-nya nambah,” paparnya.

Dia mengungkapkan Vokasi UI memiliki satu program studi yang berbeda dengan kampus lain, yakni produksi media. Di kampus lain, program studi ini basisnya rekayasa (engineering). “Hanya di kami yang bukan engineering. Artinya, anak sosial humaniora memanfaatkan itu. Kami satu-satunya di Indonesia. Kami lebih kuat di konten,” tegasnya.

Berdasarkan pengamatannya, generasi Z yang sekarang sedang menempuh pendidikan itu memiliki ide-ide yang lebih segar dan maju dibandingkan dunia industri dan usaha. “Apa penyebabnya? Karena industri itu (diisi) pimpinan-pimpinannya generasi (lama). Satu sisi (industri) mendapatkan feedback (yang bagus) dari anak-anak muda itu. Saya kira jadi saling mengisi,” klaimnya.

Vokasi saat ini seperti “jaminan” bagi anak-anak muda untuk bisa langsung masuk dunia kerja. Padang menyebut ada perusahaan di bidang kesehatan yang rela memberikan beasiswa kepada para mahasiswa. Jadi, mereka sudah diijon. Mereka magang di perusahaan tersebut dan setelah lulus, langsung direkrut. 30 persen lulusan Vokasi UI sudah bekerja dalam waktu 0-30 hari setelah lulus.

Padang mengaku kadang kesulitan memenuhi permintaan tenaga kerja dari perusahaan pada semester ganjil seperti saat ini. Sebab, sebagian besar sudah lulus pada semester genap lalu dan langsung diserap oleh industri. Bahkan, ada perusahaan yang meminta Vokasi UI untuk menambah daya tampung agar bisa memenuhi kebutuhan tenaga kerja terampil. Namun, Padang menolak hal tersebut. “Nanti enggak selektif. Kita enggak mau asal (banyak) mahasiswa. (Kita) mutunya dijaga,” ucapnya.
(muh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)