Calon Mahasiswa Harus Tahu, Ini Jadwal Seleksi Masuk PTN: SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri 2023

Minggu, 27 November 2022 - 15:38 WIB
loading...
Calon Mahasiswa Harus Tahu, Ini Jadwal Seleksi Masuk PTN: SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri 2023
Jadwal Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2023 sudah keluar. Foto/Dok/SNPMB
A A A
JAKARTA - Calon mahasiswa harus tahu, saat ini Jadwal Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2023 sudah keluar.

Jadwal ini meliputi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi ( SNBP ) atau dikenal dengan sebutan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Namun pada aturan baru ini terdapat perbedaan skema seleksi antara SNMPTN dan SNBP.



Lalu jadwal Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) atau biasa disebut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Namun pada aturan baru ini terdapat perbedaan skema seleksi antara SNMPTN dan SNBP.

Dilansir dari laman resmi SNPMB, untuk jadwal yang lebih dahulu dimulai, yakni SNBP 2023. Selanjutnya jadwal UTBK SNBT 2023 yang dilaksanakan dalam 2 gelombang.

Selain berganti nama, SNBP dan SNBT juga memiliki perubahan materi ujian. Mulai 2023, seluruh calon mahasiswa akan diseleksi melalui penalaran. pemecahan masalah, dan cara berpikir kritis.



Selain jadwal SNBP dan SNBT, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga telah mengatur jadwal seleksi mandiri masing-masing PTN.

Nantinya 3 jalur seleksi masuk PTN 2023 akan dilaksanakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3).

Berikut jadwal seleksi masuk PTN 2023, mulai dari SNBP, SNBT 2023, dan seleksi mandiri PTN.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)