7 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Sangat Dibutuhkan PT Pertamina dan Bergaji Tinggi

Senin, 28 November 2022 - 15:06 WIB
loading...
7 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Sangat Dibutuhkan PT Pertamina dan Bergaji Tinggi
Pegawai PT. Pertamina Persero. Foto/Dok/Pertamina
A A A
JAKARTA - Calon mahasiswa perlu tahu, terdapat tujuh jurusan kuliah yang nantinya dapat bekerja di PT Pertamina. Perusahaan bahan bakar terbesar di Indonesia ini memang selalu jadi incaran para mahasiswa.

Selain menyandang nama Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) juga menjanjikan gaji menggiurkan bagi para pegawainya. Kebanyakan jurusan kuliah yang dibutuhkan untuk bekerja di PT Pertamina ini datang dari program studi teknik.



Berdasarkan hasil penelusuran Tim SINDOnews, berikut 7 jurusan kuliah yang lulusannya dapat bekerja di PT Pertamina:

1. Teknik Perminyakan

Sebagai badan usaha yang bergerak di bidang minyak dan gas alam, jurusan ini tentu akan sangat dibutuhkan di PT Pertamina. Karena pada program studi ini banyak mempelajari tentang sumber daya alam yang berkaitan dengan gas dan minyak.

Bekal yang dimiliki oleh lulusan Jurusan Teknik Perminyakan adalah pengetahuan tentang pengeboran, distribusi dan ekonomi migas. Universitas Pertamina, Universitas Trisakti dan Institute Teknologi Bandung merupakan beberapa Universitas yang menyediakan jurusan ini.



2. Teknik Pertambangan

Mengingat PT Pertamina yang merupakan badan usaha yang bergerak di bidang pertambangan membuat jurusan kuliah ini memiliki tempat tersendiri. Bermodalkan ilmu tentang proses penambangan membuat lulusan teknik pertambangan akan dipandang lebih.

Institut Teknik Bandung dan Universitas Hasanuddin Makassar masih jadi yang terbaik dalam menyediakan program studi teknik pertambangan.

3. Teknik Sipil

Teknik Sipil merupakan jurusan yang mempelajari tentang cara merancang, membangun, dan merenovasi infrastruktur ini juga penting dalam industri pertambangan.

Karena itu jurusan ini termasuk yang dicari oleh PT Pertamina. Beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini di antaranya, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Bina Nusantara.

4. Teknik Mesin

Siapa bilang lulusan teknik mesin hanya dapat kerja di bengkel atau industri otomotif saja. Para lulusan jurusan ini memiliki bekal yang bagus untuk melakukan perawatan dan memperbaiki kerusakan pada mesin.

Sehingga akan berguna di PT Pertamina dimana industri pertambangan ini akan dekat dan bergantung pada mesin dalam prosesnya. Beberapa perguruan tinggi terbaik yang menyediakan prodi ini adalah, Institut Teknik Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknik Sepuluh Nopember.

5. Teknik Informatika

Di tengah meningkatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat jurusan teknik informatika dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Hal ini berkaitan dengan keahliannya yang menguasai bahasa pemrograman.

Pada PT Pertamina sendiri terdapat posisi IT yang nantinya akan diisi oleh lulusan jurusan ini. Perguruan Tinggi penyedia jurusan kuliah ini di antaranya Institut Teknik Bandung, Institut Teknik Sepuluh Nopember, Universitas Padjadjaran, hingga Universitas Diponegoro.

6. Manajemen Bisnis

Para lulusan manajemen bisnis punya kemampuan mengorganisasi dan mengelola baik sumber daya alam maupun manusia agar perusahaan berjalan sesuai dengan perencanaan.

Karena itu jurusan ini memang bisa cocok untuk masuk perusahaan apa pun yang membutuhkan termasuk juga PT Pertamina. Banyak universitas di Indonesia yang telah menyediakan prodi ini mulai dari Universitas Gadjah Mada hingga Universitas Padjadjaran.

7. Akuntansi

Meskipun bisa dibilang cukup jarang PT Pertamina membuka untuk akuntan namun tak lepas kemungkinan bahwa lulusan akuntansi juga dapat bekerja di BUMN tersebut.

Karena sebagai sebuah perusahaan peran sosok akuntan pasti tak bisa dilepaskan terlebih bagi perusahaan besar sekelas Pertamina. Banyak sekali universitas yang membuka jurusan ini mulai dari yang ternama seperti Universitas Indonesia hingga yang kurang dikenal seperti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2176 seconds (0.1#10.140)