Besaran Uang Kuliah 10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia dari UI, UGM, hingga ITB

Rabu, 07 Desember 2022 - 17:17 WIB
loading...
A A A
Berbagai sumber menyebut, ITS memberlakukan 7 golongan UKT bagi mahasiswanya. Bagi mereka yang masuk dalam kategori 1, UKT yang harus dibayar adalah Rp500 ribu per semester.

Sementara itu, mahasiswa yang tergolong dalam kategori terakhir alias 7, harus membayar uang kuliah sebesar Rp7.500.000 per semester.

Laman ITS menyebut, banyak program studi beragam yang bisa dipilih calon mahasiswa. Contohnya adalah teknik sipil, teknik metalurgi, teknik pangan, teknik sistem dan industri, teknik kimia, teknik fisika, teknik mesin, biologi, aktuaria, matematika, kimia, fisika, statistika, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, ITS juga mempunyai berbagai fasilitas lengkap yang bisa diakses seluruh mahasiswa, yakni pusat kesehatan dan medis, asrama mahasiswa, fasilitas olahraga lengkap, akses internet memadai, kantin, Masjid, hingga minimarket.

6. Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung

Unpad merupakan kampus terkenal yang menjadi incaran banyak calon mahasiswa. Selain karena kualitas PTN dan pendidikannya yang baik, Unpad juga berada di Bandung yang notabene menjadi kota favorit bagi banyak masyarakat di Indonesia.

Uang kuliah yang dipatok di Unpad juga sangat beragam, mulai dari Rp6 juta sampai Rp20 juta per semester, tergantung dari fakultas yang dipilih.

Adapun fakultas yang dimiliki Unpad terdiri dari FEB, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, FMIPA, Fakultas Pertanian, FISIP, Fakultas Peternakan, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi, dan masih banyak lagi.

Per tahun 2020, universitas ini menampung sekitar 15 ribu mahasiswa, yang terdiri dari program sarjana, kelas internasional, profesi, magister, doktoral, spesialis, dan subspesialis.

7. Universitas Brawijaya (UB), Malang
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2190 seconds (0.1#10.140)