Program SMK PK SPD Cetak SDM Unggul Bidang Penerbangan

Senin, 19 Desember 2022 - 14:07 WIB
loading...
Program SMK PK SPD Cetak SDM Unggul Bidang Penerbangan
Melalui program SMK PK SPD, pemagangan di dunia industri semakin dimasifkan. Salah satunya ke PT Dirgantara Indonesia untuk mencetak SDM unggul bidang penerbangan. Foto/Ditjen Diksi.
A A A
JAKARTA - Ditjen Pendidikan Vokasi (Diksi) Kemendikbudristek mengembangkan program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Skema Pemadanan Dukungan ( SMK PK SPD) untuk mencetak SDM unggul pendidikan vokasi . Salah satunya untuk menghasilkan lulusan SMK bidang penerbangan yang terserap di industri penerbangan dan kedirgantaraan.

Salah satu kerja sama yang terjalin adalah antara SMK Penerbangan Cakra Nusantara Bali dengan PT Dirgantara Indonesia (PT DI). Kerja sama ini memungkinkan siswa SMK yang menggratiskan siswanya sekolah itu berkesempatan magang di PT DI, perusahaan yang menjadi aset nasional bangsa bidang penerbangan ini.

Kepala Sekolah SMK Penerbangan Cakra Nusantara Widodo mengatakan, sejak sekolahnya berdiri 7 tahun lalu sudah bekerja sama magang dan kerja sama lainnya dengan PT DI. Namun untuk pemagangan di SMK PK SPD ini PT DI memilih sekolahnya karena adanya prestasi portofolio yang baik dari para peserta didiknya.

Baca juga: Harumkan Nama Bangsa, Pelajar Indonesia Raih 5 Medali di Olimpiade Sains Dunia

Dia menjelaskan, kemudian peserta didiknya selama magang juga sangat menjunjung tinggi keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dan tidak pernah merusak komponen pesawat yang memang terbilang mahal. Siswanya juga mahir berbahasa Inggris dan sesuai dengan kondisi di PT DI yang banyak kedatangan tamu asing. Selain itu, sekolah juga mengeluarkan sertifikat yang berisi penilaian sikap peserta didik yang disesuaikan dengan implementasi profil Pelajar Pancasila.

"Portofolio itu berbuah manis dan tentu karena kerja keras selama bertahun-tahun menjadikan SMK Cakra sebagai salah satu yang ditunjuk PT DI menjadi mitra," katanya, dalam keterangan resminya saat kunjungan Praktik Baik SMK PK SPD di PT Dirgantara Indonesia, Senin (19/12/2022).

Widodo menjelaskan, link and match menjadi penting karena siswa bisa langsung belajar praktik di perusahaan yang sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari. Siswa SMK yang memang dituntut untuk lebih banyak belajar praktik bisa belajar langsung dengan para ahli di bidangnya.

"Para praktisi di PT DI ini mengajarkan ilmunya langsung ke siswa. Ini adalah ilmu pengalaman, ilmu yang langka dan mahal untuk didapat. Para praktisi ini pun bisa menjadi role model untuk anak-anak kalau mau sukses ya harus belajar keras," imbuhnya.

Widodo menuturkan, sekolahnya dipilih menjadi SMK PK pada tahun lalu dan meningkat menjadi SMK PK PD pada 2022 ini. Dia menuturkan, dengan berstatus menjadi SMK PK maka lulusannya tidak hanya mendapatkan ijazah namun juga sertifikat dari industri.

Selain itu, dengan adanya praktik di dunia industri maka link and match akan terjadi. "Siswa dalam hal ini langsung memperkenalkan diri dengan dunia industri sebelum dia lulus, bukan setelah lulus yang membantunya cepat diterima kerja. Perusahaan pun banyak yang meminta siswa setelah lulus untuk mendaftar," katanya.

Baca juga: Mendikbudristek Minta Pemerintah Daerah Utamakan Kebutuhan Guru
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4297 seconds (0.1#10.140)