Berikut 4 Langkah Mudah Mendapatkan KIP Kuliah Digital

Selasa, 20 Desember 2022 - 11:01 WIB
loading...
Berikut 4 Langkah Mudah Mendapatkan KIP Kuliah Digital
Ada empat langkah untuk mendapatkan KIP Kuliah Digital yang baru saja diluncurkan Kemendikbudristek. Foto/Laman Puslapdik.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) meluncurkan Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) Kuliah Digital. Kartu KIP Kuliah sebelumnya disatukan dengan ATM yang dikeluarkan bank penyalur. Ini menyebabkan mahasiswa musti menunggu lama untuk mendapatkan kartu KIP Kuliah.

Kini mahasiswa akan diuntungkan karena dengan KIP Kuliah Digital, mahasiswa penerima manfaat KIP Kuliah tidak perlu berlama-lama menunggu kartu fisik KIP Kuliah. Mulai sekarang, dari bank penyalur, mahasiswa cukup mendapatkan ATM biasa yang dikeluarkan bank penyalur, sedangkan kartu KIP Kuliahnya bisa diunduh melalui SIM KIP Kuliah.

Diluncurkannya KIP Kuliah Digital jelang akhir tahun ini adalah untuk meminimalisir pemalsuan dokumen KIP Kuliah yang merugikan mahasiswa. Dengan KIP Kuliah Digital, hanya mahasiswa penerima sendiri dengan akun pribadinya, yang bisa mengunduh kartu KIP Kuliah Digitalnya.

Baca juga: Cek Dokumen Penting untuk Persyaratan Pendaftaran KIP Kuliah 2023

Lantas, bagaimana mahasiswa bisa mengunduh KIP Kuliah Digitalnya? Dikutip dari laman Puslapdik, berikut ini empat langkah mudah bagi mahasiswa untuk mengunduh KIP Kuliah Digital.

Langkah Pertama

Lakukan login akun KIP Kuliah di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ . Untuk bisa login, masukkan nomor pendaftaran KIP Kuliah dan Kode Akses. Klik tombol ‘Masuk’.

Langkah Kedua

Setelah berhasil login, di Dashboard, klik menu ‘Penetapan’, selanjutnya klik sub menu ‘Lihat Kartu” yang berwarna hijau di samping informasi nomor KIP Kuliah.

Langkah Ketiga
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)