SINDOnews Terima Penghargaan Apresiasi Talenta Berprestasi dan Mitra 2022 Kemendikbudristek

Kamis, 22 Desember 2022 - 19:15 WIB
loading...
SINDOnews Terima Penghargaan Apresiasi Talenta Berprestasi dan Mitra 2022 Kemendikbudristek
Portal berita SINDOnews.com menerima penghargaan pada ajang Puncak Apresiasi Talenta Berprestasi dan Mitra 2022 yang digelar Kemendikbudristek. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Portal berita SINDOnews.com menerima penghargaan pada ajang Puncak Apresiasi Talenta Berprestasi dan Mitra 2022 yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Kemendikbudristek ). SINDOnews dinilai menjadi media yang turut berkontribusi mendukung serta mendorong tumbuhnya talenta-talenta berprestasi di Indonesia.

Selain diberikan kepada media massa, penghargaan juga diserahkan kepada kementerian/lembaga, BUMN, perguruan tinggi serta pihak swasta sebagai mitra Kemendikbudristek. Penyerahan penghargaan dilakukan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim di Gedung Kemendikbudristek, Jakarta, Selasa (20/12/2022).

Nadiem menuturkan, kolaborasi menjadi salah satu elemen penting dalam mengembangkan bakat-bakat dan prestasi anak bangsa. Kolaborasi sekaligus menjadi penanda semangat antara Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) dan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek bersama para pemangku kepentingan (stakeholders) untuk mewujudkan generasi unggul Indonesia.

Baca juga: Seleksi PPPK Tenaga Teknis Kemendikbudristek Dibuka, Yuk Daftar

“(Kolaborasi) adalah prinsip dasar utama dari Merdeka Belajar, gotong-royong mulai dari dinas pendidikan, sekolah, perguruan tinggi dan organisasi mitra. Kemendikbudristek akan terus berkomitmen menghadirkan ruang-ruang untuk mendukung perkembangan bakat dan peningkatan prestasi pelajar,” kata Nadiem.

Puncak Apresiasi Talenta Berprestasi dan Mitra tahun 2022 diselenggarakan secara hibrida, diikuti oleh 100 orang peserta secara luring dan hampir 15.000 orang secara daring. Peserta hadir secara luring terdiri atas talenta berprestasi peraih medali emas di seluruh jenjang dan bidang prestasi yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Selain itu, turut hadir beberapa kepala dinas pendidikan provinsi/ kabupaten/ kota yang berprestasi, perguruan tinggi yang berprestasi dan telah menjadi tuan rumah ajang talenta tahun 2022, perwakilan pembina/ juri ajang talenta, para mitra, dan media massa. Perwakilan komunitas para alumni ajang talenta juga hadir guna menjalin kolaborasi penggerak prestasi.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti menuturkan, Puncak Apresiasi Talenta Berprestasi dan Mitra 2022 digelar sebagai bentuk penghargaan terhadap semua yang berkontribusi dalam pengembangan talenta berprestasi. Selain itu ajang ini juga dimaksudkan sebagai penyampaian laporan pertanggungjawaban atas apa yang telah dilaksanakan BPTI-Puspresnas dalam melaksanakan tugasnya.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Sangat Dibutuhkan PT KAI, Prodi Teknik Mendominasi

Sepanjang 2022, Puspresnas telah menemukenali sekitar 197.000 talenta berprestasi di tingkat daerah maupun provinsi, 20.000 peserta di tingkat nasional, 3.500 peraih kejuaraan di tingkat nasional, dan 207 peraih medali di tingkat internasional. Kemendikbudristek akan terus mendorong peran kementerian/lembaga, organisasi dan masyarakat untuk bergotong royong menyelenggarakan berbagai ajang/festival sehingga akan diperoleh lebih banyak lagi talenta yang beragam di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1720 seconds (0.1#10.140)