Ini 8 Platform yang Bisa Diakses Akun Pembelajaran

Selasa, 03 Januari 2023 - 11:52 WIB
loading...
A A A
Sistem Informasi Pengembangan Keprofesian Aplikasi Berkelanjutan (SIMPKB) merupakan induk dalam manajemen pengembangan keprofesian dan keberlanjutan yang dikembangkan oleh Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Sobat SMP dapat masuk ke SIMPKB menggunakan menggunakan Surel / SIMPKB-ID (No. UKG) untuk pribadi atau masuk dengan akun Belajar.id untuk multi akses Layanan Aplikasi GTK Kemendikbudristek.

4. Rumah Belajar

Baca juga: Batas Waktu Aktivasi Rekening SimPel PIP Diperpanjang, Jangan Telat

Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru. Terdapat empat fitur utama dalam platform Rumah Belajar yaitu Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, dan Bank Soal. Bagi yang tertarik mencoba platform Rumah Belajar dapat mengaksesnya pada tautan belajar.kemdikbud.go.id.

5. Platform Merdeka Mengajar

Selain Rapor Pendidikan, Kemendikbudristek juga merilis Platform Merdeka Mengajar. Platform Merdeka Mengajar mempermudah guru mengajar sesuai kemampuan murid, menyediakan pelatihan untuk tingkatkan kompetensi, serta berkarya untuk menginspirasi rekan sejawat. Terdapat beberapa menu utama yaitu Asesmen Murid, Perangkat Ajar, Pelatihan Mandiri, Bukti Karya, Komunitas, dan Video Inspirasi.

6. Rapor Pendidikan

Platform Rapor Pendidikan yang dirilis oleh Kemendikbudristek juga merupakan platform yang dapat diakses menggunakan akun pembelajaran. Rapor Pendidikan dapat dimanfaatkan untuk melihat, merefleksi, dan merencanakan peningkatan kualitas berbasis data. Rapor pendidikan dapat diakses oleh Dinas Pendidikan dan satuan pendidikan.

7. Google Workspace for Education

Pemilik akun belajar.id dapat menggunakan beragam fitur yang tersedia pada Google Workspace for Education. Fitur yang tersedia pada Google Workspace for Education antara lain Google Meet, Google Classroom, Google Docs, Google Spreadsheet, dan Google Slides, dan Google Form. Bagi yang berprofesi sebagai guru, dapat memaksimalkan fitur-fitur tersebut untuk pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran berbasis digital.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0939 seconds (0.1#10.140)