Dirjen Diksi Pastikan Calon Mahasiswa Vokasi Bisa Daftar KIP Kuliah

Selasa, 10 Januari 2023 - 14:43 WIB
loading...
Dirjen Diksi Pastikan Calon Mahasiswa Vokasi Bisa Daftar KIP Kuliah
Dirjen Pendidikan Vokasi (Diksi) Kemendikbud Ristek Kiki Yuliati pada konferensi pers pelaksanaan SNPMB 2023. Foto/YouTube SNPMB BPPP.
A A A
JAKARTA - Dirjen Pendidikan Vokasi (Diksi) Kemendikbudristek Kiki Yuliati memastikan calon mahasiswa yang akan mendaftar ke Perguruan Tinggi dengan program Vokasi bisa ikut Kartu Indonesia Pintar Kuliah ( KIP Kuliah ). Hal ini disampaikan pada Konferensi Pers Pembukaan Pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023.

“Bagi adik-adik siswa SMA, SMK maupun MA yang berminat masuk ke perguruan tinggi Vokasi, di Vokasi juga tersedia KIP kuliah, ya jadi bisa ikut di dalam sana,” katanya saat konferensi pers virtual, Selasa (10/1/2023).

Pada kesempatan itu, Kiki menjelaskan bahwa penyatuan atau integrasi seleksi mahasiswa baru ke Perguruan Tinggi Negeri baik itu untuk yang Vokasi maupun yang akademik merupakan wujud dari kesatuan dan integrasi konsep Merdeka belajar.

Baca juga: USAHID Gelar Talkshow Siapkan Generasi Muda Jadi Pengusaha Sukses

“Kami harapkan mereka yang berada di SMA, mereka yang berada di SMK, dan mereka yang berada di MAN itu atau MA itu dapat secara lebih terbuka memilih melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi,” jelasnya.

Selain itu, Kiki mengharapkan para calon mahasiswa yang berminat untuk kuliah Diploma III dan Diploma IV yang ada di Perguruan Tinggi Negeri Akademik atau D3 dan D4 yang ada di universitas maupun institut bisa ikut dalam proses seleksi SNPMB secara bersama-sama.

Baca juga: Inovasi Keren, Dry Bath: Solusi Mandi Tanpa Air Karya Mahasiswa IPB University

“Sehingga bagi calon mahasiswa tahun tahun ini tidak ada lagi kebingungan harus mendaftar ke mana cukup mendaftar di satu tempat, mengikuti seleksi di satu tempat pada waktu yang sama sehingga kita semua dapat sama-sama juga berharap hasilnya akan terlihat sekaligus bersama-sama,” kata Kiki.

“Demikian harapan kami mudah-mudahan para siswa SMA SMK maupun MA yang berminat atau termasuk juga paket ya pak ya, kalau mereka paket C yang kalau berniat untuk melanjutkan studi dapat mengikuti tes ini secara secara terintegrasi kemanapun Anda berniat untuk melanjutkan studi,” tandasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2905 seconds (0.1#10.140)