USD Yogyakarta Berikan Beasiswa Penuh bagi Mahasiswa Baru, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Kamis, 12 Januari 2023 - 23:14 WIB
loading...
USD Yogyakarta Berikan Beasiswa Penuh bagi Mahasiswa Baru, Ini Syarat dan Cara Daftarnya
Rektor Universitas Sanata Dharma Albertus Bagus Laksana tengah berdialog dengan sejumlah mahasiswa. Foto/Dok/USD Yogyakarta
A A A
YOGYAKARTA - Universitas Sanata Dharma ( USD ) Yogyakarta akan memberikan beasiswa untuk mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 melalui Program Beasiswa Cerdas Humanis. Beasiswa tersebut, berupa pembebasan biaya kuliah selama empat tahun di salah satu program studi di USD.

“Program Beasiswa Cerdas Humanis ini sudah dijalankan sejak 2015. Setiap tahun, kuota disesuaikan dengan kemampuan lembaga kami. Pada tahun ini, kami membuka untuk 13 Program Studi dengan total kuota 145 calon mahasiswa. Jumlah ini lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya,” kata Kepala Humas USD, Antonius Febri Harsanto dalam keterangannya, Kamis (12/1/2023).



Anton menambahkan, penjaringan beasiswa ini diselenggarakan melalui Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang dikelola oleh Biro Administrasi Akademik USD. Pendampingan, monitoring, dan evaluasi dijalankan oleh Lembaga Kesejahteraan Mahasiswa USD.

Penerima beasiswa diprioritaskan bagi calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan finansial, namun memiliki motivasi dan prestasi akademik yang baik.

“Beasiswa Cerdas dan Humanis adalah bentuk sumbangsih Universitas Sanata Dharma untuk memberikan kesempatan kuliah bagi lulusan SMA/SMK yang kurang mampu,” tutur Anton.



Sementara itu, Kepala Lembaga Kesejahteraan Mahasiswa USD, Yohanes Sarju, SJ menyampaikan bahwa beasiswa yang diberikan mencakup hampir semua komponen yang ada dalam biaya perkuliahan.

“Para penerima beasiswa ini hanya dibebankan untuk membayar biaya layanan kesehatan di poliklinik kampus sebesar Rp35.000 per semester,” tuturnya.

Sejak program beasiswa ini dijalankan pada 2015 lalu, imbuh Sarju, jumlah rata-rata penerima Beasiswa Cerdas Humanis adalah sebanyak 30 mahasiswa setiap tahunnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4113 seconds (0.1#10.140)