6 Jurusan Kuliah yang Tepat untuk Bekerja di Perusahaan Migas

Sabtu, 14 Januari 2023 - 06:38 WIB
loading...
6 Jurusan Kuliah yang Tepat untuk Bekerja di Perusahaan Migas
Bagi yang ingin bekerja di perusahaan minyak dan gas, ada rekomendasi enam jurusan kuliah yang cocok untuk kalian. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah yang dipilih dengan pertimbangan matang adalah jalan menuju kesuksesan di masa depan. Bagi yang ingin bekerja di perusahaan minyak dan gas ketahui enam jurusan yang bisa mengantarmu ke sana.

Pertamina, Chevron, Exxon Mobil, adalah sejumlah nama perusahaan di bidang pertambangan dan perminyakan bergengsi dan dikenal dengan prospek kerjanya yang menjanjikan.

Gaji yang besar, jenjang karier, tunjangan, dan benefit lain bekerja di perusahaan minyak dan gas menjadi alasan banyak pencari kerja yang memburu perusahaan-perusahaan oil and gas ini.

Bagi kalian yang bercita-cita bekerja di perusahaan minyak dan gas, berikut ini 6 rekomendasi jurusan kuliah yang cocok untuk masuk ke deretan perusahaan bergengsi dan bonafide, dikutip dari laman Aku Pintar.

1. Teknik Perminyakan

Tentunya jika ingin masuk ke perusahaan minyak dan gas jurusan Teknik Perminyakan harus menjadi nomor satu. Di jurusan ini kamu belajar tentang cara mengebor, mengeksplorasi, mengolah, dan mengeksploitasi minyak bumi dan gas alam.

Namanya saja Jurusan Teknik Perminyakan, pastinya ada aspek-aspek teknis yang dipelajari, seperti geologi, geofisika, reservoir engineering, drilling, produksi, perencanaan, manajemen operasi lapangan, hingga pengelolaan aset minyak dan gas.

Baca juga: Tahapan Registrasi Akun SNPMB 2023 Bagi Siswa dan Sekolah, Ikuti Alurnya

Salah satu PTN yang membuka jurusan ini adalah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta. UKT atau biaya kuliah Teknik Perminyakan di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta saat ini dimulai dari Rp500.000,00 untuk golongan I sampai Rp11.649.000,00 untuk golongan VIII.

2. Rekayasa Minyak dan Gas

Oil and Gas Engineering adalah bidang ilmu teknik yang menangani perencanaan, pembuatan, dan pemeliharaan sistem yang terlibat dalam produksi, pengolahan, transportasi, dan penyimpanan minyak dan gas bumi.

Kuliah perminyakan di jurusan ini membuatmu belajar tentang pengeboran sumur, instalasi pipa, pengolahan minyak dan gas di pabrik, penyimpanan sementara di tangki-tangki sebelum dikirim ke pembeli, pemeliharaan dan perbaikan sistem, hingga pengelolaan aspek-aspek ekonomi dan lingkungan yang terkait dengan produksi minyak dan gas. Jurusan ini ada di Institut Teknologi Sumatera (ITERA).

3. Teknik Pertambangan

Jika impianmu adalah menjadi mahasiswa teknik, pertimbangkan untuk kuliah Teknik Pertambangan. Ada beberapa universitas jurusan pertambangan yang bisa dipilih, seperti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Institut Teknologi Bandung, ataupun Universitas Hasanuddin.

Menjadi mahasiswa Teknik Pertambangan di kampus-kampus tersebut bakal kasih kamu kesempatan buat belajar tentang proses pengambilan sumber daya mineral dari bumi dan pemanfaatannya secara efisien dan aman.

Setelah lulus kuliah, kamu bakal punya bekal pengetahuan tentang eksplorasi, perencanaan tambang, pengelolaan tambang, pengolahan mineral, reklamasi lahan, manajemen lingkungan, prinsip-prinsip keuangan, maupun manajemen.

Baca juga: Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Tenaga Teknis 2022, Cek Jadwal Lengkapnya

4. Teknik Geomatika

Teknik Geomatika memang tidak secara langsung terkategorikan sebagai jurusan pertambangan dan perminyakan. Namun di jurusan ini kamu belajar tentang teknologi informasi geografis (GIS), penginderaan jauh (remote sensing), dan sistem informasi geospasial (GIS) yang penting dalam pengelolaan sumber daya alam dan konservasi alam dalam industri pertambangan minyak dan gas.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember adalah salah satu kampus yang membuka Jurusan Teknik Geomatika.

5. Teknik Geologi

Sebagai sebuah disiplin ilmu, Teknik Geologi menggabungkan antara pengetahuan geologi dengan teknik. Tujuan bidang ilmu ini adalah untuk menganalisis struktur bumi dan sumber daya alam yang terkandung di dalamnya, seperti mineral, batubara, dan gas alam.

Teknik geologi juga mencakup pengelolaan lingkungan dan dampak dari kegiatan eksplorasi sumber daya alam. Kalau begitu, Teknik Geologi juga bisa menjadi alternatif kuliah perminyakan kan? Kalian bisa menjumpai jurusan ini di Universitas Padjadjaran.

6. Teknik Geofisika

Teknik geofisika merupakan sebuah metode dalam pengukuran dan analisis sifat-sifat fisik bumi, seperti kepadatan ataupun magnetisasi, dan sifat elektrik bumi.

Metode tersebut juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan mengeksplorasi sumber daya alam, seperti mineral, batu bara, dan gas alam. Kamu tentu sudah bisa menebak kan, S1 Teknik Perminyakan kerja apa? Iya, pastinya peluang kerja lulusan jurusan ini nggak jauh-jauh dari bidang pertambangan dan perminyakan.

Sama seperti alumni Teknik Perminyakan, alumni Teknik Geofisika memang punya peluang kerja yang bagus di industri pertambangan dan perminyakan.

Jika alternatif jurusan migas ini menarik, kamu bisa memilih kuliah di Universitas Syiah Kuala, Universitas Lampung, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, atau kampus-kampus yang lain.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0937 seconds (0.1#10.140)