Forum Guru Besar Indonesia, Siapkan Solusi Bagi Bangsa Lewat Pemikiran dan Gagasan

Jum'at, 04 Agustus 2017 - 21:46 WIB
Forum Guru Besar Indonesia, Siapkan Solusi Bagi Bangsa Lewat Pemikiran dan Gagasan
Forum Guru Besar Indonesia, Siapkan Solusi Bagi Bangsa Lewat Pemikiran dan Gagasan
A A A
YOGYAKARTA - Sekitar seratus Guru Besar dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, mendeklarasikan Forum Dewan Guru Besar Indonesia. Forum ini nantinya akan mendukung pembangunan dan kemajuan bangsa melalui pemikiran dan gagasan strategis.

Ketua Dewan Guru Besar (DGB) UGM, Putu Sudira mengatakan, forum ini merasa perlu adanya campur tangan dan keterlibatan civitas akademika dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa. Guru besar tertantang untuk lebih aktif dalam memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasan.

“Jadi Forum ini nantinya akan lebih aktif memberikan sumbangan pemikiran dan ide untuk menyelesaikan permasalahan bangsa,” ujar Putu pada deklarasi Forum Guru Besar di halaman Balairung, Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat (4/8/2017).

Pasca terbentuk, kata dia, akan dibentuk tim kelompok kerja dari beberapa kampus. Mereka akan membahas isu penting sesuai dengan ilmu dan bidang kepakaran masing-masing. Nantinya, akan dibuat seperti cluster yang akan focus melakukan kajian. Mulai dari masalah pangan, seperti garam, beras, hingga energy.

Salah satu anggota Guru Besar dari Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Trisno Martono, mengaku tujuan pembentukan forum ini sangatlah mulia. Para guru besar ingin bisa lebih mengabdi bagi bangsa melalui ide pemikiran dan gagasan terkait persoalan yang ada di bangsa ini.

“Saya kira banyak hal yang bisa diberikan para Guru Besar yang ada di perguruan tinggi,” tuturnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0233 seconds (0.1#10.140)