4 Jalur Seleksi Mandiri UNS 2023 Dibuka, Prestasi hingga Kepemimpinan Muda

Rabu, 24 Mei 2023 - 10:09 WIB

2. Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan (SM UNS-SMKJK)

SMJK UNS tersedia untuk lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang memenuhi persyaratan yang ditentukan UNS.

Calon mahasiswa juga rekomendasi dari instansi mitra(perusahaan/pemerintah daerah/institusi pemerintah) yang mempunyai Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan antara mitra dengan UNS yang masih berlaku.

Persyaratan



1. Rapor asli dari sekolah

- Bagi siswa kelas reguler, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima).

- Bagi siswa kelas akselerasi, mulai semester 1 sampai dengan semester 4.

2. Surat Rekomendasi dari Sekolah bahwa siswa:

- Merupakan 20 % siswa kelas regular terbaik mulai semester 1 (satu) sampai dengan 5 (lima), atau 30 % terbaik mulai semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat) bagi program akselerasi yang memilih Prodi Kedokteran.

- Merupakan 40 % terbaik kelas reguler mulai semester 1 (satu) sampai dengan 5 (lima), atau 60 % terbaik mulai semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat) bagi program akselerasi yang memilih prodi selain Kedokteran.

3. Surat Rekomendasi dari Mitra UNS

4. Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan antara instansi pengusul (mitra) dengan UNS yang masih berlaku.

5. Memiliki prestasi non akademik (jika ada), antara lain:

- Sertifikat prestasi kejuaraan bidang penalaran, minat/bakat, keagamaan, dan lainnya pada tingkat propinsi/nasional/ internasional sebagai juara 1, 2, atau 3 yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA atau

- Sertifikat Hafidzul Al-Qur’an (minimal 15 Juz) atau hafalan Al-Kitab yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA.

3. Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SM UNS-SMJD)

SMJD disediakan untuk calon mahasiswa disabilitas lulusan SMA/MA/SMK/SMALB atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir dan memiliki kemampuan akademik yang memungkinkan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Persyaratan

1. Rapor asli dari sekolah

- Bagi siswa kelas reguler, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima);

- Bagi siswa kelas akselerasi, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat).

2. Memiliki surat keterangan dari dokter dan Psikolog yang menerangkan tentang status disabilitas yang dialami dan hasil tes IQ yang bersangkutan.

3. Mengikuti wawancara (pendaftar SMJD dan orangtua/wali), untuk memastikan bahwa yang bersangkutan tidak akan mengalami kesulitan mengikuti kegiatan perkuliahan terkait dengan disabilitasnya, lingkungan kampus UNS, dan program studi pilihannya.

4. Memiliki prestasi non akademik (jika ada), antara lain:

- Sertifikat prestasi kejuaraan bidang penalaran, minat/bakat, keagamaan, dan lainnya pada tingkat propinsi/nasional/ Internasional sebagai juara 1, 2, atau 3 yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA/SMALB atau

- Sertifikat Hafidzul Al-Qur’an (minimal 15 Juz) atau hafalan Al-Kitab yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA/ SMALB.

4. Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SM UNS-SMJKM)



SMJKM menjaring calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang pernah mengemban tugas sebagai Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) minimal satu periode.

SMJKM memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengasah jiwa kepemimpinan dan meningkatkan kompetensi keilmuannya selama menempuh pendidikan di UNS.

Persyaratan



1. Rapor asli dari sekolah

- Bagi siswa kelas reguler, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima);

- Bagi siswa kelas akselerasi, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat).

2. Pernah menjadi Ketua OSIS atau ketua Pramuka yang dibuktikan dengan Surat keputusan dari Kepala Sekolah tentang susunan pengurus OSIS atau Pramuka.

Demikian informasi 4 jalur seleksi mandiri yang tengah dibuka UNS. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More