5 Bidang Spesialis Jurusan Kedokteran yang Bisa Diambil Mahasiswa

Rabu, 16 Agustus 2023 - 13:05 WIB
Banyak bidang spesialis yang dapat diambil mahasiswa lulusan jurusan kedokteran. Foto/Freepik
JAKARTA - Ada banyak bidang spesialis yang dapat diambil mahasiswa lulusan jurusan kedokteran . Beberapa di antaranya bahkan cukup populer dan memiliki prospek bagus ke depannya.

Sesuai namanya, dokter spesialis adalah seorang dokter yang memiliki bidang spesialisasi tertentu. Untuk mendapat gelar spesialis, mereka wajib menempuh pendidikan lanjutan pada bidang spesialis terkait.

Terkait jenisnya sendiri, ada banyak dokter spesialis dengan keahlian khusus berbeda-beda. Jadi, mahasiswa lulusan jurusan Kedokteran bisa memilih salah satunya ketika memutuskan untuk menjadi dokter spesialis. Dari deretan panjang daftarnya, berikut ini beberapa contoh di antaranya.

Bidang Spesialis Jurusan Kedokteran

1. Spesialis Anak



Dokter spesialis anak (Sp.A) merupakan spesialis ilmu kedokteran yang berfokus pada diagnosis dan penanganan kesehatan anak. Mengutip laman Medical NewsToday, mereka membantu mendiagnosis kondisi medis pada anak.

Tak hanya berfokus pada aspek penunjang kesehatan anak, dokter spesialis anak juga membantu menangani gangguan kesehatan yang terjadi. Di antaranya seperti penyakit tertentu, alergi, dan lain sebagainya.



Bagi mahasiswa lulusan kedokteran yang berminat menjadi dokter spesialis anak dapat mengikuti pendidikan lanjutan terlebih dahulu. Dalam hal ini, mereka bisa memilih untuk belajar di lembaga pendidikan terkait yang membukanya.

2. Spesialis Mata



Berikutnya ada spesialis mata. Fokus bidang ini adalah menangani dan melakukan pemeriksaan terkait kerusakan, cedera, ataupun gangguan penglihatan pada mata.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More