Pentagon Sebut Al-Baghdadi Melarikan Diri dari Raqqa

Sabtu, 18 Februari 2017 - 12:57 WIB
Pentagon Sebut Al-Baghdadi Melarikan Diri dari Raqqa
Pentagon Sebut Al-Baghdadi Melarikan Diri dari Raqqa
A A A
WASHINGTON - Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon menyatakan, mereka mendapat informasi pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi telah melarikan diri dari Raqqa, Suriah. Baghdadi melarikan diri setelah Raqqa mendapat serangan serius dari pasukan Kurdi Suriah.
"Kami mulai melihat sekarang banyak pemimpin senior ISIS, banyak birokrat mereka mulai meninggalkan Raqqa," kata juru bicara Pentagon Kapten Angkatan Laut Jeff Davis, seperti dilansir manilatimes pada Sabtu (18/2).
"Mereka pasti telah mengambil catatan dari fakta akhir sudah dekat di Raqa. Proses keluarnya para anggota senior ISIS dari Raqqa dilakukan sangat teratur dan terencana dengan baik," sambungnya.
Setelah serangkaian kerugian besar di Irak dan Suriah, dua basis utama ISIS yakni Mosul dan Raqqa berada di bawah tekanan dari pasukan yang didukung oleh koalisi pimpinan AS.
Setelah, kampanye empat bulan pasukan Irak semakin dalam memasuki Mosul. Sementara di Suriah, aliansi Arab-Kurdi, Pasukan Demokratik Suriah, telah maju untuk memotong akses ISIS di Raqa. Menurut Davis, operasi di Raqqa sudah hampir rampung, dengan ISIS sekarang hannya mengendalikan satu jalan, yakni di sebelah tenggara dari Raqqa.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4204 seconds (0.1#10.140)