Contoh Resume Tugas Kuliah serta Cara Membuatnya yang Benar, Berikut Strateginya

Senin, 04 September 2023 - 10:19 WIB
Pertumbuhan ekonomi merupakan kegiatan ekonomi yang menjadi penyebab dari adanya pertumbuhan barang dan jasa agar bisa meningkatkan kemakmuran masyarakatnya. Fenomena ini juga dikenal sebagai masalah ekonomi makro berjangka panjang jika dilihat dari sisi lingkup perekonomian.



Reproduksi barang dan jasa yang terjadi tidak selalu berdampingan dengan pertambahan yang besar pada keduanya. Produksi ini justru bisa berpotensi membuat kesamaan yang cukup besar antara barang dan jasa yang tersedia sebelumnya. Hal ini berakibat pada pertumbuhan ekonomi yang lebih melambat.

B. Dasar Kenaikan Pertumbuhan Ekonomi



Pertumbuhan ekonomi bisa dilihat dari Gross Domestic Product (GDP) atau disebut sebagai Produk Domestik Bruto. GDP didapatkan dari pengeluaran yang dilakukan oleh pihak negara. Nilai GDP dapat mengalami peningkatan yang dipengaruhi oleh produktivitas, SDM, dan daya tawar terhadap tenaga kerja.

C. Manfaat Pertumbuhan Ekonomi



Manfaat yang dimiliki dari terjadinya pertumbuhan ekonomi berpengaruh terhadap ukuran kemajuan dari ekonomi pembangunan.Pendapatan perkapita bisa digunakan untuk melihat bagaimana peningkatan yang terjadi terhadap kemakmuran masyarakat.

D. Faktor Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia



Jika dilihat secara umum, faktor yang memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Indonesia diantaranya:

1. Keuangan negara

2. Produksi

3. Kebijakan moneter dan fiskal

4. Pertumbuhan neraca pembayaran

5. Perdagangan luar negeri

E. Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Pada Tahun 2012



Pada tahun 2012, secara menyeluruh Indonesia memiliki pertumbuhan sejak awal tahun sebesar 6,23%. Pertumbuhan ini masih lebih rendah dari angka yang ditetapkan pada APBN-P untuk mencapai pertumbuhan ekonomi tertentu. Hal ini karena adanya penurunan dari sektor pertanian dan pengeluaran rumah tangga. Secara keseluruhan, Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi yang terbilang baik pada tahun itu.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More