Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Untar Dorong Nilai-Nilai Budaya ke Mahasiswa

Selasa, 31 Oktober 2023 - 15:08 WIB
"Itu karena budaya itu unik dan kita mempunyai banyak sekali budaya dari seluruh Indonesia. Kalau tidak kita angkat kita rugi," ujar Prof Agustinus.

Oleh karena itu, ujarnya, Untar pun mempersiapkan mahasiswa untuk mengenal budaya dari berbagai macam daerah melalui berbagai aktivitas.

"Termasuk juga budaya bersikap dan toleransi, tepo seliro. Saya kira itu nilai-nilai budaya asli Indonesia yang harus terus digunakan agar mahasiswa tidak melupakan budaya nasional," ujarnya.

Rektor berpendapat, semestinya semua perguruan tinggi dan lembaga pendidikan lainnya dapat mengombinasikan proses pembelajarannya dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat budaya.

Seperti di Untar, dia mencontohkan, kampus memfasilitasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) budaya dan kebahasaan. Lalu setiap kegiatan resmi seperti seminar, wisuda, dan event lainnya juga diselingi dengan budaya melalui seni tari, pakaian, lagu, dan lainnya.

"Setiap aktivitas di Untar selalu menampilkan budaya. Wisuda November tahun ini kita akan memakai budaya di Jakarta," pungkasnya.
(nnz)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More