Mengenal 6 Pahlawan Wanita Indonesia yang Berperan dalam Perjuangan Kemerdekaan Bangsa

Rabu, 08 November 2023 - 13:30 WIB
Keteguhannya dalam melawan penjajah membuat Cut Nyak Dhien ditangkap dan diasingkan ke Sumedang. Sampai akhirnya, Cut Nyak Dhien meninggal di sana pada 6 November 1908.

2. Raden Ajeng Kartini

Kartini adalah seorang tokoh perempuan Indonesia yang dikenal dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan pendidikan bagi kaum wanita. Ia adalah salah satu pemikir terkemuka dalam gerakan perempuan di Indonesia.



RA Kartini. Foto/Laman Kemendikbud

Kartini adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia yang dihormati dan diakui atas peran pentingnya dalam memperjuangkan kesetaraan dan pendidikan bagi perempuan di Indonesia, serta sebagai tokoh yang telah mengilhami banyak orang untuk berjuang demi hak-hak perempuan. Hal ini membuat adanya perayaan Hari Kartini pada tanggal 21 April untuk menghormati jasanya.

3. Maria Walanda Maramis



Maria Walanda Maramis adalah salah satu pejuang kemerdekaan Indonesia yang juga merupakan politisi terkemuka pada awal abad ke-20. Maria berasal dari Sulawesi Utara yang memperjuangkan emansipasi perempuan. Ia berperan dalam perjuangan kemerdekaan dan mendukung hak-hak perempuan di Indonesia.



Maria Walanda Maramis. Foto/Laman Kemendikbud.

Maria Walanda Maramis tergabung dalam Kongres Perhimpunan Indonesia dan Gerakan Perempuan Indonesia yang berperan untuk pengakuan hak-hak Indonesia, khususnya pada perjuangan hak sosial dan politik perempuan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More