Pacu Kreativitas, Seni Penting Dikenalkan Sejak Dini

Kamis, 09 November 2023 - 16:12 WIB
Hal ini juga diamini Visual Artist Tusita Mangalani yang menuturkan, seni memang tidak mengenal usia. Bahkan sekarang dengan maraknya sosial media anak-anak hingga orang tua pun bisa menjadi seniman.

"Tinggal masalah berkaryanya mau dibawa ke mana sehingga art for all itu bisa menjelma sebagai seni untuk semua orang, semua kalangan, dan tidak ada batasan," ungkapnya.

Tusita yang merupakan alumni ITB ini mengaku memilih seni lukis sebagai profesi. Ia mengaku beruntung karena didukung penuh oleh orang tuanya sehingga beragam kegiatan yang mengarah ke profesinya mendapat restu dan arahan dari kedua orang tuanya.

Di sisi lain, Art therapist, Adi Chandra mengungkapkan, seni itu sekarang multi aspek, secara tidak langsung dibutuhkan dimanapun. Jika bicara soal penumbuhan minat berkesenian, orang tua dinilai punya peran penting dalam mengarahkan hal tersebut. Sehingga, diharapkan orang tua juga berperan dalam fase eksplorasi berkesenian pada anak.

Dengan begitu, sambung Adi, Keterampilan serta kreativitas pada diri anak diharapkan bisa bereksplorasi dari pendampingan perkembangan anak. Jika dikaitkan dalam prospek pekerjaan kedepan, kemampuan untuk memiliki pandangan kreatif saat ini menjadi satu hal yang terus dibutuhkan.

"Kreativitas bukan cuma membuat karya secara fisik, tapi bagaimana membentuk mental untuk mencari berbagai solusi dari sebuah permasalahan. Itu wujud yang relevan jika dikaitkan dengan prospek kedepan," beber dia.

Terakhir, PR Manager FCII, Andri Kurniawan mengatakan seni adalah untuk semua kalangan usia tanpa mengenal strata. Lewat seni, kata dia kreativitas akan muncul.

"Faber-Castell menyadari akan hal tersebut, makanya setiap produk kami akan membuat semua kalangan lebih kreatif," kata Andri.
(nnz)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More