Cerita Zizi, Wisudawan Termuda ITB Berusia 19 Tahun dari Jurusan Teknik Mesin

Rabu, 29 November 2023 - 08:17 WIB
Zivanka Nafisa Wongkaren menjadi wisudawan termuda ITB di usia 19 tahun 1 bulan. Foto/ITB.
JAKARTA - Wisuda Pertama ITB 2023 menobatkan Zivanka Nafisa Wongkaren sebagai wisudawan termuda berusia 19 tahun 1 bulan. Zivanka atau akrab dipanggil Zizi adalah lulusan program studi Internasional Teknik Mesin .

Zizi merupakan lulusan program kelas akselerasi sebelum memasuki bangku perguruan tinggi. Maka tidak heran jika sebayanya menamatkan sekolah dasar (SD) 7 tahun namun Zizi hanya selama 5 tahun saja selanjutnya SMP dan SMA berhasil Zizi tuntaskan dalam kurun waktu 2 tahun.

Baca juga: Perjalanan Sheila, Lulusan Teknik Industri Undip Mahasiswa Berprestasi Peraih IPK 3,73



Selain karena memiliki kecerdasan akademik yang tinggi dan berhasil masuk akselarasi, Zizi juga mempunyai minat terhadap kerajinan origami dan menyusun mainan lego. Tak ayal Zizi pun semakin terdorong untuk membuat inovasi dan kreasi.

Punya Passion Tinggi dengan Mekanika dan Robotika



Seiring dengan berjalannya waktu, Zizi mengaku ingin semakin menyelami dunia robotika dan mekatronika. Hal inilah yang melatarbelakangi dirinya yang mendaftar ke jurusan Teknik Mesin di Institut Teknologi Bandung (ITB) yang biasanya tak disenangi kaum hawa. Zizi ingin berkreasi membuat robot sesuai dengan imajinasinya.

“Berbekal ilmu tersebut, aku membayangkan akan bisa membuat barang apapun yang ada di benakku. Tentunya pada usia 14 tahun, prospek pekerjaan bukanlah pertimbangan utama bagi aku. Namun, akhirnya aku menjatuhkan pilihan untuk menekuni Teknik Mesin karena bidang ini memberikan wawasan bermanfaat tentang sistem mekanika,” ujarnya, dikutip dari laman ITB, Rabu (29/11/2023).

Riset Kolaborasi dengan BRIN



Berkolaborasi dengan Laboratorium Dinamika Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) ITB dengan Pusat Riset Mekatronika Cerdas LIPI Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dia membuat tugas akhir suatu riset tentang implementasi Deep Reinforcement Learning (DRL) dalam parkir lurus mundur yang diajukan untuk kendaraan otonom.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More