Pemilihan Rektor ITS, Ini Daftar 5 Bacarek Terpilih

Jum'at, 08 Desember 2023 - 07:27 WIB
4. Dr Ir Machsus ST MT dari Departemen Teknik Infrastruktur Sipil

5. Prof Dr Ir Sri Gunani Partiwi MT dari Departemen Teknik Sistem dan Industri.

Kelima bacarek tersebut ditentukan lewat jaring aspirasi dari 29.123 orang, yaitu 1.057 dosen, 1.084 tendik, dan 26.982 mahasiswa ITS melalui sistem daring bernama e-aspirasi. “Dengan rincian perolehan suara mencapai 90,82 persen dari dosen, 91,33 persen dari tendik, dan 55,29 persen dari mahasiswa,” ungkap Nuh.

Lebih lanjut, Ketua Senat Akademik (SA) ITS Prof Dr Syafsir Akhlus MSc menyampaikan, pemilihan tiga Calon Rektor (Carek) akan dilakukan melalui Sidang Tertutup SA yang akan dilaksanakan pada 8 Desember 2023. Pada tahap pemilihan ini akan dihadiri oleh seluruh anggota SA ITS berjumlah 71 orang. “Kandidat tiga calon rektor akan diumumkan melalui konferensi pers nantinya,” tutur lelaki yang akrab disapa Akhlus ini.

Setelah itu, proses Pilrek ini akan mencapai tahap akhir dengan dipilihnya rektor lewat rapat pleno di Majelis Wali Amanat (MWA) ITS yang dijadwalkan juga pada bulan Desember ini. Ketiga nama carek yang terpilih juga akan dikirimkan oleh MWA ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk memperoleh suara juga dari Mendikbudristek. Setelah mendapatkan suara menteri, proses pemilihan kembali dilakukan di tingkat MWA ITS untuk menentukan satu orang sebagai Rektor ITS terpilih.

Baca juga: Wiwiek Hendrowati Jadi Profesor Perempuan Pertama Teknik Mesin ITS

Pada kesempatan yang sama, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng berharap adanya regenerasi jabatan rektor ini mampu melanjutkan estafet kemajuan ITS. Melalui pemilihan rektor ini pula, ia menginginkan proses tersebut dapat menjadi ajang yang mampu dipercaya oleh seluruh elemen warga ITS. “Kita ingin pemilihan rektor ini berjalan alami dan natural tanpa ada kecurangan, agar terhindar dari hal-hal yang kurang baik,” terang Guru Besar Teknik Elektro ini.

Ashari menyampaikan, tahap akhir dari proses pemilihan rektor ini nantinya akan diselenggarakan pada tanggal 20 Desember 2023 dengan mengumumkan nama rektor yang terpilih. “Harapannya, momen ini dapat melahirkan sosok pemimpin yang mampu membawa ITS menuju ke arah yang lebih baik,” tandasnya optimistis.
(nnz)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More