Mau Jadi Pembicara Hebat? Ini 6 Trik Ampuh Jago Public Speaking untuk Pemula

Sabtu, 13 Januari 2024 - 12:20 WIB

3. Selalu Melibatkan Audiens



Pernahkah kamu bertemu seorang pembicara yang asyik sendiri dan menghiraukan audiensnya? Tentu, pasti pernah ada. Hal tersebut akan terasa sangat membosankan, bukan?

Maka dari itu, saat kamu menjadi seorang public speaker jangan lupa untuk selalu melibatkan audiens dan hindari penyampaian informasi satu arah. Bagaimana cara melibatkan audiens?

Berikan jeda dari setiap pemaparan, kemudian coba ajukan pertanyaan yang merujuk pada hal-hal yang telah kamu sampaikan. Tidak perlu terkesan formal, perhatikanlah dengan bijaksana peluang-peluang untuk terlibat dalam dialog dengan audiensmu.

4. Selalu Membawakan Cerita



Untuk membuat orang lain terpengaruh dengan apa yang kita sampaikan, terkadang kita perlu memasukkan cerita yang juga bermakna sama. Tidak perlu mengarang cerita yang sempurna. Cukup memberikan cerita yang sederhana, akan tetapi dapat diterima dan dipahami dengan mudah oleh audiens.

5. Gunakan Bukti Nyata



Manusia memiliki dua bagian otak yang perlu dipuaskan. Jika otak kanan akan dimenangkan dengan cerita, maka otak kiri perlu dimenangkan dengan fakta. Sebagai seorang public speaker, kamu perlu memberikan pendekatan komunikasi yang seimbang. Sehingga isi pembicaraan kamu juga bisa diterima oleh audiens.

6. Jadilah Diri Sendiri



Kita mungkin memiliki tokoh pembicara handal yang kita sukai, dan selama ini mungkin kita berupaya untuk menjadi sepertinya. Bukan hal yang salah memiliki sosok idola, akan tetapi tetaplah berkonsentrasi menjadi diri sendiri. Sehingga nantinya kamu akan menemukan karakter yang lebih unik.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More