9 Kesalahan Fatal yang Berpotensi Jadi Penyebab Gagal Lolos SNBP 2024

Senin, 15 Januari 2024 - 06:09 WIB

3.Foto Tidak Sesuai



Kesalahan format foto ketika mendaftar SNBP juga sering dilakukan peserta didik pada saat mendaftar. Pastikan ketika ada ketentuan dari SNPMB untuk mengunggah foto normal maka peserta didik wajib mengikuti dan bukan foto selfie.

Perhatikan juga ketentuan warna latar belakang foto, hal ini wajib karena foto pendaftaraan akan digunakan sebagai identitas saat verifikasi nilai SNBP atau kelulusan.

4. Portofolio Tidak Sempurna



Ada beberapa jurusan yang tidak hanya mensyaratkan nilai rapor, tetapi ada juga yang punya ketentuan harus melampirkan portofolio seperti jurusan Seni dan Olahraga.

Jadi pastikan peserta didik tidak asal-asalan dalam membuat dan menyiapkan portofolio apalagi tidak sesuai dengan jurusan yang dipilih. Pahami juga portofolio yang ditetapkan oleh masing-masing jurusan agar tak ada kesalahan.

5. Tidak Melakukan Analisis Nilai Rapor



Sangat penting bagi peserta didik melakukan analisis terhadap nilai rapor bertujuan untuk memprediksi peluang lolos. Apabila nilai rapor konsisten naik dengan nilai rata-rata tinggi, maka peserta didik ada kesempatan untuk memilih jurusan favorit dengan keketatan yang tinggi.

Sebaliknya jika nilai rapor peserta didik standar, maka sebaiknya memilih jurusan dengan persaingan yang aman atau sepi peminat agar peluang lolos lebih besar.

6. Tidak Melampirkan Sertifikat dan Prestasi

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More