Mengenal 7 Jenis Sekolah di Indonesia, Pilih Homeschooling atau Boarding School

Kamis, 22 Februari 2024 - 11:56 WIB
Biasanya kurikulum internasional yang dipakai adalah Cambridge International Examination atau CIE dan International Baccalaureate Organization atau disingkat IBO.

4. Sekolah Internasional



Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan sekolah internasional tersebut? Murid dari sekolah internasional berasal dari berbagai negara, karena memang awalnya dibuat untuk para ekspatriat di Indonesia.

Konsep sekolah internasional adalah penggunaan kurikulum internasional yang telah mendapatkan akreditasi.Gurunya juga banyak yang didatangkan dari luar negeri.

Bahasa pengantar yang digunakan dalam pembelajaran sekolah tentu saja adalah Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional.

Peminat dari jenis sekolah di Indonesia yang satu ini cukup banyak terutama dari kalangan selebritis.

Fasilitas kelas yang lengkap dan sarana lainnya juga dibuat dengan kualitas sangat unggul.

5. Sekolah Alam



Sekolah alam awalnya digagas oleh Lendo Novo yang gusar akan biaya sekolah yang semakin mahal dan tidak terjangkau oleh masyarakat tidak mampu.

Mungkin Anda juga pernah mendengar sekolah alam yang salah satunya dibuat oleh Dik Doank.

Pengajaran diberikan di alam terbuka dengan konsep sekolah lebih menekankan pada praktik nyata.

Di sekolah alam anak akan diajarkan bercocok tanam, beternak dan juga bertani.

6. Sekolah Rumah (homeschooling)



Homeschooling adalah sistem pembelajaran yang memungkinkan siswanya belajar di rumah.

Pada awalnya homeschooling banyak diragukan, tapi sekarang banyak dipilih orang tua. Guru akan datang ke rumah dan memberikan pelajaran sesuai dengan kurikulum pemerintah.

7. Boarding School



Sekolah berasrama atau boarding school ini merupakan sistem pendidikan yang menyediakan tempat tinggal berupa asrama bagi para siswanya.

Dengan sistem pendidikan boarding school, para siswa akan tinggal, belajar dan melakukan berbagai macam kegiatan di lembaga/tempat tersebut.

Tidak hanya siswa saja yang tinggal di asrama, bahkan guru, karyawan, dan pengelola sekolah pun tinggal menyatu di lingkungan tersebut dalam kurun waktu tertentu.

Sistem yang digunakan oleh boarding school memungkinkan terjadinya interaksi dan komunikasi yang lebih intensif antara siswa dengan para guru.

Hal inilah yang akan membuat kemampuan dan kemandirian siswa lebih berkembang, seperti kemampuan kognitif dan psikomotorik.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More