Ikuti Arahan Nadiem, IPB University Sepakat Tidak Menaikkan UKT Tahun Ini

Kamis, 30 Mei 2024 - 08:12 WIB
Arif mengungkapkan, pembatalan kenaikan UKT ini sebetulnya tidak memberi pengaruh besar bagi kampusnya. Hal ini karena proporsi pendapatan IPB dari UKT selama ini hanya 23 persen.

Baca juga: Kenaikan UKT Tahun 2024 Dibatalkan, Ini Respons Unnes

Hal ini karena IPB dengan status PTN Badan Hukum berupaya melakukan upaya-upaya kreatif untuk mendapatkan sumber pendanaan lain, seperti kerja sama, pemanfaatan aset, dan lainnya.

“Komposisi pemasukan dari UKT sebesar 23 persen dari total biaya yang harus dikeluarkan oleh IPB University. Dana dari pemerintah sebesar 30 persen. Sebesar 47 persen ditopang dari upaya-upaya kreatif IPB University seperti kerja sama, pemanfaatan aset dan sebagainya, “ jelasnya.

Selama ini, lanjutnya, UKT per mahasiswa ditetapkan besarannya sesuai pendapatan orang tua dan program studi yang dipilih.

Baca juga: Rektor ITS Tegaskan UKT 2024 Tidak Naik, Biaya Kuliah Mulai Rp500 ribu-Rp12,5 Juta



Prof Arif menegaskan, sejak 2016, IPB University belum pernah menaikkan UKT. IPB University juga memiliki komitmen untuk membantu mahasiswa menyelesaikan kuliahnya.

IPB University pun berupaya untuk selalu mendukung para mahasiswanya, salah satunya dengan penyediaan beragam beasiswa sehingga kendala ekonomi diharapkan tidak menyurutkan semangat mahasiswa untuk tetap berkuliah.

"Tahun lalu kami bisa menghimpun sekitar Rp121 miliar untuk beasiswa mahasiswa. Intinya jangan sampai ada mahasiswa yang tidak bisa lanjut kuliah karena persoalan biaya," pungkasnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More