Guru dan Siswa Perlu Literasi untuk Tingkatkan Hak dan Tanggung Jawab di Dunia Digital

Kamis, 30 Mei 2024 - 16:01 WIB
”Juga, melatih peserta didik dalam penggunaan teknologi dengan tujuan yang lebih bermanfaat, dan sebagai pusat dalam mengoptimalkan pendidikan di era teknologi saat ini,” pungkas Januar Pempri di depan para pendidik dan siswa sekolah yang mengikuti diskusi online ini dengan menggelar nonton bareng (nobar) dari sekolah masing-masing.

Beberapa sekolah yang menggelar nobar diskusi online di Kabupaten Tanah Datar, di antaranya: SDN 11 Sungayang, SDN 17 Batipuah Baruah, SDN 20, SDN 25 Baringin, SDN 05 Batu Bulek, SDN 06 Pandai Sikek, SDN 07 Andaleh, SDN 01, SDN 21 Koto Laweh, SDN 30 Singgalang, SDN 04 Sumpur, SDN 12 Atar, SDN 13 Tanjuang Barulak, SMPN 2 Lintau Buo, SMPN 1 Sungayang, SMPN 1, SMPN 3 Salimpaung, dan SMPN 2 Batipuh.

Narasumber lain. pengembang teknologi pembelajaran Hamzar Hasfat mengatakan, hak dan tanggung jawab di dunia digital dapat dilakukan dengan cara siswa memiliki kompetensi literasi digital terkait kecakapan digital (digital skills).

”Kompetensi kecakapan digital itu meliputi pemahaman perangkat keras dan lunak, koneksi internet, jenis platform dunia digital (website), mesin pencarian, aplikasi percakapan dan media sosial, serta transaksi online,” jelas Hamzar Hasfat.

Hak dan tanggung jawab di dunia digital, menurut CEO Bizbuzz Indonesia Junaedi Akbar, perlu memahami identitas digital dan perlindungan data pribadi di platform digital.

”Identitas yang tak terlihat seperti PIN, OTP, Password, Two Factor Authentication, sangat penting kita jaga sebagai kunci rahasia penjaga keamanan, supaya tidak ada orang yang bisa masuk ke platform digital kita,” pungkasnya.

Untuk diketahui, webinar seperti dihelat di Kabupaten Tanah Datar - Sumbar ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD), yang dilaksanakan sejak 2017. Program #literasidigitalkominfo tersebut tahun ini mulai bergulir pada Februari 2024, berkolaborasi dengan Siber Kreasi dan 142 mitra jejaring.
(wyn)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More