Contoh Teks Khutbah Iduladha, Tema Pesan Utama Pelaksanaan Ibadah Kurban

Rabu, 12 Juni 2024 - 14:14 WIB
Baca juga: 5 Contoh Teks Surat Lamaran Kerja, Referensi Biar Cepat Dilirik HRD

Disamping itu khatib berwasiat, bahwa yang perlu diingat jika ingin menggapai hidup berbahagia, beruntung, selamat dunia dan akhirat tidak ada jalan lain kecuali dengan cara meningkatkan rasa ketaqwaan dan keimanan kepada Allah swt, serta jangan sekali-kali mati sebelum menjadi muslim sejati.

Allahu Akbar 3x Walillahilhamdu.

Jamaah Shalat Iduladha Yang Dirahmati Allah.

Pagi ini sekilas kita akan mencoba mengkonstruksi ulang dan mengulas singkat sosok Nabi Ibrahim as beserta keluarganya sebagai figur yang pantas dijadikan suri tauladan (model) karena dalam perjuangan mereka selalu mendapat cobaan atau ujian dari Allah yang begitu banyak dan beragam macam coraknya.

Baca juga: Berikut 10 Contoh Teks Kultum dalam Berbagai Tema

Walau terasa berat dirasakan, namun segala macam perintah Allah mereka laksanakan dengan ikhlas dan sempurna tanpa cacat sedikit pun. Di antara sekian banyak ujian dan cobaan itu ketika Allah memerintahkan Nabi Ibrahim as untuk menyembelih atau mengorbankan putranya Ismail.

Apapun resikonya, ternyata Nabi Ibrahim rela mengorbankan sementara Ismail pun menunjukkan kesediaan dan ketaatan karena melaksanakan perintah Allah swt. Bukti dari ketaatan dan kepasrahan serta pengorbanan dengan cara menyerahkan semua urusan hanya kepada Allah swt semata, meskipun dalam berbagai kesempatan setan selalu membujuk dan

menggoda agar mengurungkan niat suci mereka, sehingga Allah swt menggantinya dengan kibas dari syurga.

Berkaitan dengan perintah qurban Nabi Ibrahim as itu, maka Nabi Muhammad saw sebagai nabi dan rasul akhir zaman telah melaksanakan shalat Iduladha pertama kali tahun kedua Hijriyah berbarengan dengan penyembelihan hewan qurban, dalam rangka melestarikan dan mewarisi tradisi yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim as.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More