Bedah Buku ISNU Jatim: KHM Hasyim Asy'ari Sosok yang Lengkap

Rabu, 17 Juli 2024 - 10:58 WIB
"Bahkan, H Hasan Gipo (ketua umum pertama PBNU) dan KH Mas Mansur (pendiri Muhammadiyah Jatim) juga masih saudara/sepupu. Pimpinan Muhammadiyah Jatim juga banyak yang alumni Pesantren Tebuireng, seperti mantan Ketua PWM Jatim Ustadz Abdurrahim Noer dan beberapa pimpinan daerah," katanya.

Sementara itu, Wagub Jatim 2019-2024 Emil Dardak menegaskan bahwa KHM Hasyim Asy'ari tidak perlu dibesarkan, karena sosoknya sudah "besar" di masyarakat, justru Ikapete yang perlu membesarkan pemikiran yang diwariskan.

"Hadratussyaikh mementingkan keilmuan organik, bukan intelek menara gading. Warisan lain Hadratussyaikh yang penting adalah persatuan, khususnya sesama Islam, jangan sampai kita berkelahi sesama Islam hanya karena perbedaan yang tidak utama," katanya.

Terkait peran pemersatu itu, Ketua Presnas Ikapete Pusat Prof Masykuri menegaskan bahwa Hadratussyaikh juga mementingkan "kesatuan madzhab". "Ketika Kerajaan Saudi hanya mengutamakan Wahabi, Hadratussyaikh mengirim Komite Hijaz agar Saudi menerima banyak madzhab. Jadi, Hadrassyaikh itu pemersatu dunia, bukan hanya nasional," katanya
(wyn)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More