Sering Jadi Syarat Beasiswa, Ini Perbedaan Antara IELTS dan TOEFL

Selasa, 06 Agustus 2024 - 07:30 WIB
Selanjutnya yaitu ada Institutional Testing Program (ITP) yang melibatkan ujian tertulis menggunakan kertas dan biasanya hanya berlaku di Asia.

Sementara itu, IELTS terdiri dari dua jenis.Pertama, IELTS Academic yang materinya lebih berkutat pada seputar dunia akademik.

Kedua yaitu IELTS General Academic yang lebih menekankan kemampuan Bahasa Inggris dalam konteks pekerjaan atau sehari -hari.

3. Kemampuan yang diujikan



Perbedaan selanjutnya antara IELTS dan TOEFL yaitu dilihat dari kemampuan yang diujikan. TOEFLterdiri dari beberapa tes yaitu listening (mendengarkan), structure and written expression (struktur dan ekspresi tertulis), reading chomprehension (pemahaman bacaan) dan written english test (tes menulis Bahasa Inggris).

Sementara IELTS sama seperti tes TOEFL, hanya saja ada tambahan sesi speaking (berbicara) yang nantinya harus berhadapan langsung dengan penguji untuk menjawab pertanyaan.

4. Kegunaan tes



Salah satu perbedaan antara TOEFL dan IELTS bisa dilihat dari kegunaan tes itu sendiri. Tes TOEFL banyak digunakan untuk kebutuhan pendidikan terutama untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke universitas di Amerika Serikat, Kanada dan sekitarnya.

Sementara itu, tes IELTS banyak digunakan sebagai salah satu persyaratan administrasi untuk bisa melanjutkan pendidikan tinggi di Inggris, Selandia Baru, Australia dan negara-negara Commonwealth lainnya.

5. Sistem penilaian

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More