Bagaimana Jadi Cerdas? Ikuti 9 Kebiasaan Ini yang Bisa Meningkatkan IQ

Selasa, 06 Agustus 2024 - 11:32 WIB
Sebuah studi oleh Isobel E. M. Evans, dkk mengungkap bahwa bersosialisasi dapat merangsang kemampuan kognitif dan pikiran. Foto ilustrasi/Ist
JAKARTA - Ini 9 kebiasaan yang bisa meningkatkan IQ. Pernyataan yang menyatakan bahwa IQ (Intelligence Quotient) seseorang didapatkan secara turun temurun ternyata tidak sepenuhnya benar alias mitos.

IQ atau kecerdasan seseorang ternyata bisa dibentuk melalui aktivitas atau kebiasaan tertentu. Seperti diketahui, dalam mengukur tingkat kepintaran seseorang, biasanya digunakan tes Intelligence Quotient (IQ). Tes tersebut dapat mengukur beberapa aspek yang berkaitan dengan kecerdasan manusia. Artikel kali ini akan membahas 9 kebiasaan yang bisa meningkatkan IQ seseorang, simak ya!

8 Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan (IQ)





1. Rajin Belajar



Sistem pendidikan ada untuk membentuk warganya intelek. Mengutip laman Harvard Medical School, pendidikan dapat membuat daya ingat tetap dan membantu menjaga rangsangan pada sel-sel otak.

Banyak hal yang bisa dipelajari untuk meningkatkan IQ contohnya menekuni hobi baru, mempelajari hal baru, menjadi mentor hingga menjadi sukarelawan.

2. Senang Membaca



Sebuah studi tahun 2015 berjudul Neurobiology Research Findings: How the Brain Works During Reading oleh Siusana Kweldju menyebutkan bahwa rangsangan setiap bagian otak bisa dipicu dengan cara membaca.

Kegiatan membaca bisa membuat koneksi sistem saraf pada otak tetap terjadi. Oleh karena itu, membaca bisa meningkatkan kecerdasan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More