Bagaimana Jadi Cerdas? Ikuti 9 Kebiasaan Ini yang Bisa Meningkatkan IQ

Selasa, 06 Agustus 2024 - 11:32 WIB
Banyak orang mengabaikan sarapan karena berbagai alasan seperti sibuk atau terlambat bangun. Namun, sarapan ternyata sangat penting untuk menjaga konsentrasi.

Dalam proses pencernaan, sarapan bisa jadi kesempatan tubuh mengisi ulang level glukosa setelah fase istirahat 8 - 12 jam tidur. Dengan sarapan, seseorang bisa meningkatkan kinerja mental hingga mempertahankan mood sampai siang hari.

7. Mengingat Hal Terbaik



Studi tahun 2014 melaporkan bahwa mengingat hal-hal baik dapat meningkatkan kemampuan otak. Khususnya kognitif dan memori seseorang yang sudah lanjut usia.

Dengan mengenang hal-hal baik, seseorang bisa hidup lebih bersyukur dan terlepas dari rasa cemas. Sehingga, ia bisa beraktivitas dengan baik untuk terus belajar.

8. Istirahat Secara Berkala



Manusia bukan robot atau benda yang tak memiliki perasaan lelah. Rasa lelah adalah tanda tubuh atau pikiran harus rehat sejenak atau dalam waktu beberapa lama.

Dengan istirahat yang cukup, maka seseorang bisa menyegarkan pikirannya sehingga bisa belajar lebih banyak untuk meningkatkan kecerdasan. Istirahat yang baik bisa dilakukan secara berkala misalnya belajarlah selama 20 menit dengan mengambil waktu untuk beristirahat secara singkat.

9. Lakukan Meditasi



Proses meditasi bisa mengubah struktur otak. Hal ini terbukti dari scan MRI dari para meditator. Seseorang yang banyak melakukan meditasi lebih sedikit memiliki suara bising di kepalanya. Sehingga mereka bisa lebih terhindar dari cemas dan bisa fokus belajar banyak hal dan mengeksplorasi dirinya.
(wyn)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More