6 Tips Penting untuk Mahasiswa Baru, Punya Manajemen Waktu Salah Satunya

Minggu, 18 Agustus 2024 - 14:00 WIB
Menjadi mahasiswa baru menjadi momen menyenangkan sekaligus banyak tantangan di dunia perguruan tinggi.Foto ilustrasi/Ist
JAKARTA - Ini 6 tips penting untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2024/2025. Menjadi mahasiswa baru menjadi momen menyenangkan sekaligus banyak tantangan di dunia perguruan tinggi. Untuk membantu melewati tahun pertama dengan sukses, artikel berikut akan membagikan 6 tips penting yang harus diketahui oleh setiap mahasiswa baru, simak ya!

6 Tips Penting untuk Mahasiswa Baru



1. Buat Rencana Semester





Memiliki rencana yang jelas untuk setiap semester sangat penting untuk menghindari perasaan kewalahan dan kehilangan arah.

Misalnya, pada semester pertama, fokuslah untuk bergabung dengan organisasi dan berpartisipasi dalam kegiatan kampus.

Pada semester ketiga dan keempat, mulailah melamar beasiswa dan berpartisipasi dalam program duta akademis. Pada semester kelima atau keenam, saatnya untuk fokus pada magang. Rencana yang dipikirkan dengan matang akan membantumu tetap pada jalur dan memanfaatkan pengalaman kuliahmu sebaik-baiknya.

2. Punya Manajemen Waktu



Di perguruan tinggi, kamu menentukan studimu sendiri, jadi menguasai manajemen waktu sangat penting. Prioritaskan kegiatanmu dan putuskan mana yang penting dan mana yang dapat kamu lewati.

Hindari terlalu banyak melakukan kegiatan ekstrakurikuler, karena tanggung jawab utamamu adalah belajar. Menyeimbangkan waktu secara efektif akan mencegah kelelahan dan memastikanmu unggul secara akademis.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More