Mengenal Jurusan Ototronik, Prospek Kerjanya Menjanjikan di Industri Otomotif

Minggu, 15 September 2024 - 14:46 WIB
Lulusan ototronik mampu mendiagnosis masalah kendaraan dengan menggunakan alat pemindai untuk menemukan masalah pada sistem kendaraan. Teknisi diagnostik ini menangani berbagai masalah teknis pada sistem kelistrikan dan elektronik kendaraan.

Baca juga: 10 Jurusan SMK Jadi Incaran Perusahaan Besar dan Bergaji Tinggi, Masa Depan Jelas

Kemampuan ini sangat krusial di industri otomotif modern, yang banyak menggunakan sistem komputerisasi kompleks dalam mendukung performa kendaraan. Di SMKN 5 Sukoharjo, siswa juga dipersiapkan untuk menguasai analisis sistem kontrol sederhana menggunakan program Arduino hingga sistem yang lebih kompleks.

2. Teknisi Otomotif



Salah satu jalur karier yang paling umum bagi lulusan ototronik adalah menjadi teknisi otomotif, yang berfokus pada perbaikan dan pemeliharaan sistem elektronik kendaraan. Dengan metode pembelajaran berbasis proyek (PBL) di SMK, siswa telah memiliki pengalaman yang cukup sebagai teknisi atau mekanik yang handal. Waluyo menjelaskan bahwa di SMKN 5 Sukoharjo, siswa dibekali dengan kemampuan menganalisis serta memperbaiki mobil konvensional, kendaraan dengan sistem manajemen mesin, sepeda motor, mobil listrik, dan masih banyak lagi.

3. Wirausaha Bengkel Ototronik

Bagi lulusan ototronik yang ingin mendirikan bengkel sendiri, peluang untuk menjadi wirausaha terbuka lebar. Dengan meningkatnya jumlah kendaraan yang menggunakan sistem elektronik canggih, bengkel yang fokus pada perbaikan dan perawatan sistem elektronik sangat dibutuhkan.

Mendirikan bengkel yang mengkhususkan diri pada teknologi kendaraan modern dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan, terutama di wilayah yang mengalami pertumbuhan pesat dalam jumlah kendaraan bermotor.
(nnz)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More