8 Pekerjaan Freelance buat Mahasiswa Semua Jurusan, Gaji Menjanjikan

Rabu, 18 September 2024 - 11:15 WIB

3. Technical Writer



Mungkin terdengar asing bagi mahasiswa, namun sebetulnya technical writer adalah pekerjaan menulis informasi faktual tentang produk dan layanan, dan cara kerjanya.

Seorang technical writer bisanya menulis tutorial atau panduan penggunaan produk. Misalnya, untuk aplikasi perangkat lunak, referensi dan manual instruksi untuk peralatan, panduan pelatihan, video instruksional atau bantuan online yang dimasukkan ke dalam panduan perangkat lunak dan pengoperasian.

Siapa saja yang bisa menjadi seorang technical writer? Umumnya, perusahaan akan mencari orang-orang dari lulusan Bahasa Inggris, Ilmu Komunikasi, IT, Ilmu Komputer, Teknik, dan Sains. Tetapi, tak menutup kemungkinan bagi jurusan lain yang bisa membuat tulisan sederhana ikut mencoba.

4. Ghostwriter



Ghostwriters adalah penulis bayaran yang dibayar tetapi tidak menerima kredit apa pun untuk karya yang dihasilkan. Umumnya, ghostwriters menulis untuk buku.



Kalau kamu bekerja sebagai seorang ghostwriter, kamu tidak memiliki hak untuk mengubah atau terkadang memberi saran kepada penulis atas ide kreatif bukunya. Hanya yang kamu lakukan adalah menulis sesuai dengan ide dan permintaan penulis pertama.

5. Academic Writer



Semua mahasiswa pasti familiar dengan academic writing. Siapa sangka, kamu juga bisa jadi freelance academic writer. Kalau kamu pandai meriset, menganalisis, menulis karya ilmiah, dan apalagi nilai skripsinya bagus bisa mencobanya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More