Fadli Zon Kandidat Kuat Menteri Kebudayaan, Lulusan FIB UI

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 12:22 WIB

Sosok Budayawan di Tengah Kesibukan Jadi Politikus



Fadli Zon adalah politikus yang saat ini menjabat sebagai Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI. Sudah lama pula ia dikenal sebagai seorang budawayan. Ia juga seorang kolektor bersejarah.

Tokoh kelahiran 1 Juni 1971 itu menyimpan berbagai benda bersejarah di perpustakaan sekaligus museum pribadinya. Dikutip dari berbagai sumber, Fadli membangun tiga perpustakaan di lokasi berbeda.

Baca juga: Cerita Ni Luh Puspa, Presenter TV yang Masuk Bursa Wamen

Yakni Fadli Zon Library di Bendungan Hilir (Jakarta Pusat), Rumah Budaya Fadli Zon di Bukittinggi (Sumatera Barat), serta Rumah Kreatif Fadli Zon di Depok (Jawa Barat).

Koleksi buku yang ia simpan berjumlah sekitar 50.000 lebih, koleksi naskah kuno, prangko, piringan hitam, keris dan koleksi koran tempo dulu.

Beberapa koleksi lainnya adalah koleksi keris, tombak, pedang dan badik dari berbagai kerajaan Nusantara, koleksi perangko, koleksi uang logam (coin), koleksi patung dan lukisan dari berbagai maestro seniman Indonesia.

Ia juga mengoleksi piringan hitam (long play) dari musisi/ penyanyi Indonesia, koleksi rokok yang di produksi di Indonesia, koleksi tekstil/ kain tua dari berbagai daerah, koleksi kacamata dari beberapa tokoh.

Riwayat Pendidikan Fadli Zon



Dikutip dari laman Partai Gerindra, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini menempuh pendidikan dasar di SD Negeri Cibereum 3 Bogor, Jawa Barat. Lalu ia melanjutkan sekolah ke SMP Fajar Jakarta Timur lalu ke SMA Negeri 31, Jakarta Timur.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More