Profil Prof Dr Arif Satria, Rektor IPB Penguji Ahli Sidang Doktor Bahlil Lahadalia di UI

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 13:40 WIB
Dalam riwayat pendidikannya, Arif menjalani pendidikan dasar hingga menengah atas di Pekalongan. Gelar Sarjana didapat ketika lulus dari Ilmu-Ilmu Ekonomi Pertanian IPB tahun 1995.

Baca juga: Bahlil Lahadalia, Menteri ESDM yang Raih Gelar Doktor UI dengan Predikat Cum Laude



Gelar Magister kemudian diraih di tahun 1999 setelah lulus dari prodi Sosiologi Pedesaan di IPB. Sementara gelar Doktor didapatkan Arif setelah menyelesaikan pendidikan di Kagoshima University, Jepang, Department of Marine Social Science di tahun 2006.

Kariernya sebagai akademisi terbilang cemerlang setelah berhasil menduduki posisi Dekan Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB untuk periode 2010 hingga 2017. Membuatnya dikenal sebagai dekan termuda yang menjabat kala itu.

Tidak hanya memiliki peran di lingkup akademisi, Arif juga turut serta dalam penyusunan berbagai kebijakan terkait kelautan dan perikanan, termasuk penyusunan UU Perikanan Nomor 31/2004, Revisi UU Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, penyusunan Konsep Ekonomi Biru, dan sejumlah Peraturan Pemerintah serta Peraturan Menteri.

Bahkan dirinya sempat dipercaya menjadi delegasi Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Bumi Rio +20 yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Rio de Janeiro, Brasil, pada tahun 2012.

Tidak cukup sampai disitu, ia juga sempat menjadi speaker dalam high official forum yang diselenggarakan oleh Food and Agriculture Organization (FAO) di Roma pada tahun 2019.

Dari pengalaman organisasi, Arif sempat aktif di Lab. of International Marine Policy, Kagoshima University, Jepang tahun 2000, dan Fisheries Center, University of British Columbia, Kanada di tahun 2004.

Dikutip dari PPID IPB, Arif Satria telah memperoleh sejumlah penghargaan internasional dan nasional yang diantaranya :
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More