Ini 8 Cara Mudah Menghafal Tabel Periodik Kimia

Kamis, 16 September 2021 - 07:07 WIB
Siswa bisa mengikuti cara Daniel Radcliffe yang menggunakan lagu untuk menghafalkan unsur-unsur kimia.

Cara ini bisa jadi menyenangkan karena bisa menggunakan lagu yang kita sukai sehingga lebih mudah di hafal. Bahkan sudah banyak referensi lirik lagu yang digunakan untuk menghafal tabel periodik di internet, Grameds bisa mengaksesnya. Ada pula versi karaokenya jika Grameds lebih suka gaya ini.

6. Ketahui Nama Latinnya

Lambang ada tabel periodik hampir semuanya adalah istilah bahasa Inggris, kecuali 10 lambang yang berasal dari singkatan nama latinnya dan 1 unsur (wolfram) dari bahasa jerman.

Jadi, mengetahui nama latinnya dari unsur tertentu dapat membantu untuk menguraikan nama latin dari beberapa unsur kimia anorganik. Perlu diketahui bahwa mayorita akar bahasa romantik (Perancis, Italia, Spanyol, dll) berasal dari bahasa latin.

7. Perhatikan Perbedaan Antar Unsur

Kamu juga bisa memperhatikan unsur-unsur pembeda agar lebih mudah menghafalkannya, yakni melihat lambang unsur yang terdiri dari satu huruf, dua, dan tiga huruf.

Lambang unsur yang paling banyak ada menggunakan dua huruf, bisa dimulai menghafalkannya dari unsur pembeda ini menggunakan dua huruf. Sisanya bisa menyesuaikan karena beberapa unsur yang menggunakan lambang 3 huruf sangat sedikit dan kemungkinan lambang lambang ini akan berubah lagi.

8. Gunakan Kartu-Kartu Gambar

Menggunakan kartu kartu gambar mungkin sedikit ribet dan perlu effort lebih, namun cara ini dapat efektif digunakan untuk menghafalkan tabel periodik kimia dengan mudah dan menyenangkan. Kamu bahkan bisa merasa sedang menghafalkan atau belajar kimia dengan serius melainkan seperti sedang bermain games saja.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More