15 Jurusan bagi Anak IPA Bidang MIPA, Kedokteran, Teknik Komputer, dan Teknologi

Sabtu, 08 Januari 2022 - 14:46 WIB
Lingkup pengetahuan Jurusan Teknik Geologi mencakup segala hal yang berkaitan dengan bumi, mulai dari permukaan hingga isi bumi. Seperti apa contohnya? Hal yang menjadi kajian dari jurusan saintek ini, yaitu mineral, gas bumi, nikel, hingga emas.

Beberapa mata kuliah yang mendukung keahlian mahasiswa diambil dari kurikulum Jurusan Teknik Geologi Universitas Diponegoro, contohnya Geotermal, Geologi Minyak dan Gas Bumi, Teknik Pemboran, Vulkanologi, dan Geostatistika.

8. Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil berkaitan erat dengan pembangunan infrastruktur dan perancangan bangunan. Jangan heran, jika nanti melanjutkan studi ke jurusan saintek ini, ada beberapa tugas yang mendorongmu untuk menggambar. Contoh mata kuliah Jurusan Teknik Sipil Universitas Jember, yaitu Penggambaran Struktur Bangunan Berbasis ARCHICAD, Perencanaan Pelabuhan, Geometrik Jalan Raya, Manajemen Konstruksi & Aspek Hukum, dan Prasarana transportasi.

9. Teknik Kimia

Selain Jurusan Kimia, ternyata ada juga pilihan Jurusan Teknik Kimia untuk anak IPA. Perbedaannya adalah fokus pembelajaran Teknik Kimia yang mengedepankan proses olahan bahan mentah menjadi bahan guna lainnya, bisa bahan jadi atau setengah jadi.

Mata kuliah Jurusan Teknik Kimia, contohnya Pengantar Mikrobiologi Industri, Pengolahan Air dan Limbah Industri, dan Perancangan Alat Proses.

10. Teknik Perkapalan

Jurusan untuk anak IPA yang bisa jadi pertimbangan adalah Teknik Perkapalan yang akan mempelajari secara mendalam mengenai kapal dan dunia maritim secara umum. Sebagai salah satu cabang Jurusan Teknik, mata kuliah yang diberikan teuteup ada embel-embel Menggambar Teknik, Matematika Teknik, dan Komputasi Teknik.

Selain itu, didukung juga dengan mata kuliah keahlian Teknik Perkapalan, contohnya Proses Manufaktur Kapal, Mekanika Fluida Dasar Kapal, hingga Merancang Kapal.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More