Psikolog UGM Bagikan Tips Hadapi Kuliah Tatap Muka

Rabu, 09 Februari 2022 - 15:13 WIB
Universitas Gadjah Mada (UGM). Foto/Dok/SINDONews
JAKARTA - Perkuliahan tatap muka secara langsung mulai dijalankan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia dengan menyesuaikan situasi perkembangan Covid-19. Psikolog dari Universitas Gadjah Mada ( UGM ) pun memberikan tips agar mahasiswa tetap bisa kuliah dengan baik dan tetap sehat.

Psikolog dari UGM Diana Setiyawati mengatakan, mahasiswa harus adaptif menjalani perkuliahan di tengah situasi pandemi Covid-19. Sebab, banyak penyesuaian sistem pembelajaran yang dilakukan merespons pandemi.

Saat virus Covid-19 merebak, seluruh aktivitas perkuliahan yang semula dilakukan secara tatap muka diubah menjadi kuliah daring/online. Lalu, saat situasi mulai terkendali perkuliahan mulai mengarah pada sistem bauran antara daring dan tatap muka langsung.

“Yang penting itu adaptif. Itu kuncinya,” katanya melansir laman resmi UGM di ugm.ac.id, Rabu (9/2/2022).

Baca: Mahasiswa Wajib Tahu, Ini 4 Tips Lulus Kuliah Tepat Waktu

Diana menyampaikan, mahasiswa dituntut dapat adaptif dan bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan. Ia berharap mahasiswa tidak kaget dan tidak mudah kecewa dengan berbagai perubahan yang ada.

“Misal perkuliahan telah masuk offline lalu berubah menjadi online lagi diharapkan mahasiswa tidak kaget dan tidak kecewa dengan perubahan-perubahan itu,” kata Kepala Center for Public Mental Health (CPMH) Fakultas Psikologi UGM ini.

Berikutnya, mahasiswa juga diharapkan bisa lebih peduli akan kesehatan mental diri. Tetap berusaha menjaga diri agar tetap sehat secara mental.

Baca juga: 8 Tips untuk Tingkatkan Peluang Lulus di SNMPTN 2022

Lalu, dia juga menyarankan agar mahasiswa tetap menerapkan gaya hidup sehat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, dan olahraga.

Tidak kalah penting, imbuhnya, mahasiswa diimbau untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(nz)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More