ANBK 2022 Akan Segera Dimulai, Apakah Jadi Penentu Kelulusan Siswa?

Rabu, 27 Juli 2022 - 09:29 WIB
Di tiap satuan pendidikan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh pemerintah.

Untuk program kesetaraan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir program belajarnya. Selain peserta didik, Asesmen Nasional juga akan diikuti oleh guru dan kepala sekolah di setiap satuan pendidikan.

Kemudian, apakah akan menentukan kelulusan peserta didik? Jawabannya adalah, Asesmen Nasional tidak menentukan kelulusan. Asesmen Nasional diberikan kepada murid bukan di akhir jenjang satuan pendidikan.

Asesmen Nasional juga tidak digunakan untuk menilai peserta didik yang menjadi peserta asesmen. Hasil Asesmen Nasional tidak akan memuat skor atau nilai peserta didik secara individual.

Seperti dijelaskan sebelumnya, hasil Asesmen Nasional diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran. Dengan demikian, Asesmen Nasional tidak terkait dengan kelulusan peserta didik. Penilaian untuk kelulusan peserta didik merupakan kewenangan pendidik dan satuan Pendidikan.

Jadwal Asesmen Nasional 2022 Jenjang SMK/MAK/SMA/MA/SMALB/Paket C

29-31 Juli: Sinkronisasi simulasi AN gelombang 1.

1-4 Agustus: Simulasi AN Gelombang 1.

5-7 Agustus: Sinkronisasi simulasi AN Gelombang 2.

8-11 Agustus: Simulasi AN Gelombang 2.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More