Dear Mahasiswa, Miliki Nilai Ini agar Berhasil di Masa Depan

Sabtu, 17 September 2022 - 17:25 WIB
Pada kesempatan ini, hadir juga Prof. Rhenald Kasali, Ph.D. selaku guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Dalam kesempatan ini, ia memberikan orasi ilmiah dengan tema“Agen Perubahan Melalui Kolaborasi Dan Prestasi”. Usai orasi ilmiah, Prof. Rhenald memberi pesan mendalam pada mahasiswa, bahwa tantangan masa depan dunia semakin berat. Oleh karena itu, generasi muda sekarang jangan hanya dibiasakan mencerna sesuatu yang ringan saja, tetapi harus dibiasakan mengeksplorasi hal-hal baru.

Menurutnya saat ini, dunia tengah menghadapi jumlah penduduk yang luar biasa, yakni delapan miliar, sedangkan Indonesia sudah mencapai 270 juta. Warga dunia ini semua mengejar kemakmuran. Bahkan kemungkinan besar bangsa negara lain juga akan mengejar kemakmuran di negara kita.

“Sebagai contoh, di Singapura, sudah banyak orang bangsa dari negara lain untuk mengejar kemakmuran, “ katanya.

Prof Rhenald juga menyampaikan tantangan semakin berat untuk 20 tahun yang akan datang. Banyak gedung-gedung sepi, mal-mal sepi tentu ini akan mempengaruhi lapangan pekerjaan. Selanjutnya munculnya teknologi baru, yang bergerak terus, dan belum bisa diprediksi mengakibatkan akan terjadinya the useless class.

“ Masyarakat yang tidak bisa bekerja, karena ilmunya ketinggalan zaman, dan mereka tidak eksplorasi. Yang bisa bekerja adalah mereka yang bisa eksplorasi. Mencari hal baru dan belajar seumur hidup, karena ilmu yang kita pelajari akan cepat berubah. Berikutnya tantangan dengan adanya informasi-informasi yang miss. Hingga mereka akan kebingungan mana yang benar dan tidak benar. Jadi cukup banyak,” pesannya.

Oleh karena itu, ia menyarankan agar mahasiswa membuka membuka kajian hasil riset yang disampaikan ilmuwan dunia. “Karena hasil riset baru akan mendorong orang menemukan dunia baru lagi. Jadi jangan hanya mencari yang ringan tetapi harus mengeksplorasi hal-hal baru, “ katanya.

Selain mengeksplorasi pengetahuan, mahasiswa sekarang diharapkan bisa memperkuat mental. “ Karena anak muda dilahirkan dari generasi kami yang lebih sejahtera dan nyaman. Apa-apa telah tersedia. Sehingga agar berhasil, mereka harus bisa keluar dari hidup yang nyaman, “katanya.

Tak hanya itu, generasi sekarang dinilai memiliki attention control yang menurun dibandingkan generasi lampau. “Mereka harus sadar betul, itu namanya strawberry generation, apa-apa healing, insecure, overthinking. Padahal itu jargon-jargon algoritma. Sehingga agar sukses, mereka harus berani keluar dari paradigma itu, “ tutupnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(atk)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More