Berbasis IoT, Alat Monitong Cuaca dan Udara Unair Raih HKI

Sabtu, 21 Januari 2023 - 09:04 WIB
loading...
Berbasis IoT, Alat Monitong Cuaca dan Udara Unair Raih HKI
FTMM Unair berhasil ciptakan inovasi perangkat monitoring cuaca dan kualitas udara dengan IoT bernama AIRFEEL. Foto/Laman Unair.
A A A
JAKARTA - Tim peneliti FTMM Unair berhasil ciptakan inovasi perangkat monitoring cuaca dan kualitas udara dengan sistem internet of things (IoT) bernama AIRFEEL. Inovasi tersebut berhasil mendapatkan paten HKI ( hak kekayaan intelektual ) pada tahun 2021 lalu.

Prisma Megantoro selaku ketua tim peneliti menuturkan, AIRFEEL merupakan suatu perangkat yang dapat digunakan untuk mengukur kondisi cuaca serta kualitas udara, yang dilengkapi dengan berbagai sensor.

“AIRFEEL ini bisa digunakan untuk mengukur suhu, kelembaban udara, tekanan udara, kecepatan angin dan curah hujan. Alat ini dilengkapi tujuh sensor udara yang digunakan untuk mengukur polusi, seperti ozon, CO2, CO, hidrogen, metana, dan yang lainnya,” ungkap Prisma, dikutip dari laman Unair, Sabtu (21/1/2023).

AIRFEEL juga dilengkapi dengan stasiun lapangan atau field station yang terdiri dari sensor-sensor dan kontroler yang hasil pengukurannya akan diunggah ke internet server serta base station untuk selanjutnya disimpan.

Perjalanan Penelitian

AIRFEEL terdiri dari empat seri. Seri pertama telah dirancang sejak tahun 2020, sebelum akhirnya mengalami berbagai perkembangan seperti saat ini.

Baca juga: Cerita Izza, Mahasiswa FMIPA UNY Putri Buruh Serabutan yang Sukses Lulus Cum Laude

“Penelitian ini berawal dari tahun 2020, yang digawangi oleh kami, para dosen pemula dan diketuai oleh saya sendiri,” tutur Prisma.

Seri pertama tersebut kemudian dikembangkan menjadi seri kedua dengan fungsi dan kegunaan yang lebih luas. Pengembangan itu kemudian diikuti dengan pendirian research center di Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin Universitas Airlangga (FTMM Unair) yang salah satunya berfokus pada visibility pembangkit listrik dengan energi terbarukan di Indonesia.

Tahun 2022, seri ketiga mulai dikembangkan. Dalam pengembangan itu, AIRFEEL mengalami penambahan sensor untuk mengukur O2, CO2, dan CO. AIRFEEL seri ketiga itu sukses digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ACHD Unair di Sumenep, Madura.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1437 seconds (10.55#12.26)