Begini Cara Daftar Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Platform Merdeka Mengajar

Rabu, 08 Februari 2023 - 09:21 WIB
loading...
A A A
Sebagai tambahan informasi, setelah menyelesaikan langkah-langkah pendaftaran implementasi Kurikulum Merdeka, silakan tunggu Surat Keputusan yang akan diterbitkan oleh Kemendikbudristek di halaman Info Terkini pada Platform Merdeka Mengajar dan laman Kurikulum Merdeka di https://kurikulum.kemdikbud.go.id.

Baca juga: Kemendikbudristek Segera Buka Pendaftaran Program Praktisi Mengajar, Apa Itu?

Sambil menunggu Surat Keputusan, disarankan agar memperdalam pemahaman tentang Kurikulum Merdeka dengan mengikuti Pelatihan Mandiri di Platform Merdeka Mengajar. Selain itu, pahami pula tentang Kurikulum Merdeka yang dapat diakses melalui Kepmendikbudristek Nomor 262 Tahun 2022 terkait Kurikulum Merdeka pada halaman “Info Terkini” atau temukan informasi seputar Prinsip Dasar dan Pengenalan Kurikulum pada menu Pengenalan Kurikulum Merdeka.

Sekilas Tentang Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar adalah platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka, serta mendukung guru untuk mengajar, belajar dan berkarya lebih baik lagi.

Platform Merdeka Mengajar membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman untuk menerapkan Kurikulum Merdeka. Platform ini dapat digunakan melalui aplikasi pada gawai android minimal versi 5 (lollipop) di Google Play atau melalui laman https://guru.kemdikbud.go.id.

Menu yang tersedia di dalam Platform Merdeka Mengajar tentunya sejalan dan mendukung penerapan Kurikulum Merdeka yang berpusat pada peserta didik. Di dalamnya ada menu Pelatihan Mandiri yang berisikan topik-topik pelatihan terkait Kurikulum Merdeka, Menu Komunitas sebagai wadah untuk belajar dari sesama rekan pendidik kapan pun di mana pun, Video Inspirasi di mana terdapat kumpulan video inspiratif yang telah dikurasi.

Kemudian Bukti Karya untuk membangun portofolio karya agar dapat menginspirasi, Pengenalan Kurikulum Merdeka yang berisikan informasi lengkap mengenai prinsip dan dokumen penting dalam implementasi Kurikulum Merdeka, Asesmen Murid sebagai alat bantu untuk dapat menganalisis pembelajaran literasi serta numerasi hingga asesmen pembelajaran lainnya.

Dan yang terakhir menu Perangkat Ajar yang menyediakan ribuan referensi modul ajar, bahan ajar, buku, hingga model projek berdasarkan mata pelajaran dan fase.

Baca juga: Program SMK PK SPD Perkuat Kemitraan Industri dan Pendidikan Vokasi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0980 seconds (0.1#10.140)