5 Pekerjaan Lulusan Sarjana Komputer, Masa Depan Cerah dengan Gaji Puluhan Juta

Kamis, 09 Februari 2023 - 17:26 WIB
loading...
A A A
Lulusan sarjana Komputer juga dapat bekerja sebagai software engineer. Pekerjaan ini banyak berperan penting dalam merancang dan mengembangkan perangkat lunak. Dalam melakukan tugasnya, mereka menggunakan bahasa pemrograman seperti Java, HTML, C++, dan Python saat merancang software untuk aplikasi komputer, seluler, platform cloud, dan tentunya aplikasi web.
Menjadi seorang software engineer, maka harus menguasai dan memahami bahasa programming, perkembangan tools, serta algoritma dan struktur data. Pekerjaan ini cukup menjamin masa depan karena rata-rata gaji yang cukup tinggi, yaitu berkisar jutaan hingga puluhan juta rupiah per bulan, tergantung dengan spesialisasi pekerjaan, tingkatan pengalaman, hingga perusahaan masing-masing.

3. Artificial Intelligence (AI) Engineer

Pekerjaan artificial intelligence (AI) engineer belakangan ini memiliki peran membangun atau mengoptimalkan sebuah proses AI pada suatu sistem. AI sendiri merupakan kecerdasan buatan yang diprogramkan pada mesin agar menyerupai manusia.

Pekerjaan ini cukup menjanjikan karena AI engineer banyak dicari di berbagai perusahaan dan mengalami perkembangan sangat cepat. Selain pekerjaan yang menjanjikan, rata-rata gaji AI engineer juga terbilang tinggi. Gaji yang diperoleh AI engineer atau AI specialist bisa mencapai angka puluhan juta rupiah per bulan di Indonesia.

Baca juga: Jessica Tanoesoedibjo Paparkan Kelebihan MNC University di Pekan Pendidikan Tinggi Jakarta

4. Web Developer

Dalam melaksanakan tugasnya, web developer memiliki tanggung jawab untuk merancang dan mengelola sebuah program serta aplikasi untuk web. Keahlian yang harus dimiliki sarjana komputer untuk menjadi web developer adalah menguasai dan memahami bahasa pemrograman, analisis yang kuat, kreativitas tinggi, serta detail.

Pekerjaan ini sangat menjanjikan untuk masa depan karena banyak dibutuhkan oleh perusahaan, memiliki tugas penting bagi perusahaan, sulit digantikan oleh robot, serta gaji yang besar. Rata-rata gaji web developer di Indonesia mulai dari jutaan hingga belasan juta rupiah per bulannya.

5. Data Scientist

Seorang data scientist bertugas menganalisis berbagai macam data dalam jumlah besar di perusahaan. Keahlian yang harus dimiliki pun luas, mereka harus memahami statistika, pemrograman, serta bisnis dan manajemen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)