4 Jurusan Kuliah Ini Sering Dianggap Sulit Cari Kerja, Padahal Tidak Sepenuhnya Benar

Sabtu, 11 Maret 2023 - 18:33 WIB
loading...
A A A
Menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki, mereka bisa menjadi penulis perjalanan (Travel Blogger), penulis konten web, copywriter, dan masih banyak lainnya.

3. Jurusan Pendidikan


Stigma yang berkembang adalah lulusan jurusan pendidikan hanya bisa bekerja sebagai guru saja. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena sejatinya jurusan pendidikan memiliki cakupan yang sangat luas.

Pada jenisnya saja sudah cukup banyak. Tak hanya Pendidikan Guru SD (PGSD), masih tersedia jurusan lain seperti Pendidikan Bahasa Inggris, Teknologi Pendidikan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Politeknik Statistika STIS Segera Buka Pendaftaran, Lulus Jadi CPNS

Selain menjadi guru, lulusan dari jurusan ini juga bisa menggeluti profesi lain seperti konsultan pendidikan, penulis, penerjemah bahasa asing, dan lainnya. Selain itu, jika ada kesempatan bisa juga mencoba peruntungan untuk bekerja di instansi pemerintah, seperti Kemendikbud misalnya.

4. Jurusan Bahasa


Sebagian perguruan tinggi mungkin menggabungkan Bahasa dengan jurusan Sastra atau Pendidikan. Namun, tetap ada juga program studi yang memang hanya mengkhususkan aspek Bahasa saja.

Sebagai contoh, beberapa yang bisa ditemui adalah D3 Bahasa Inggris, D3 Bahasa Mandarin, dan lainnya. Pada prospek kerja yang dimiliki, masing-masing jurusan ini akan memanfaatkan kemampuannya di bidang yang relevan.

Misalnya, lulusan D3 Bahasa Inggris, mereka bisa menjadi penerjemah lisan, editor buku/naskah (bahasa Inggris), penulis konten, dan masih banyak lainnya.

Demikian ulasan mengenai sejumlah jurusan kuliah yang sering dianggap sulit cari kerja, padahal tidak sepenuhnya benar.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1486 seconds (0.1#10.140)