Kenalkan Dunia Perhotelan Sebelum Lulus, Mahasiswa STP Trisakti Tuai Pengalaman Berharga

Senin, 20 Maret 2023 - 10:01 WIB
loading...
A A A
Disinggung soal bidang housekeeping, ketiganya mengaku tak terlalu suka. Padahal ilmu tersebut bisa menjadi bekal untuk berhasil dalam bisnis. "Kelihatannya cuma bersih-bersih. Dan pekerjaan itu tidak menarik."

Pernyataan itu disayangkan Wakil Ketua I STP Trisakti Djoni Wibowo, karena kemampuan dalam bersih-bersih berguna untuk bekerja maupun menjalankan bisnis.

"Meski jadi pemilik, kita harus tahu tata cara bersih-bersih. Ilmunya berguna untuk memberi contoh kepada anak buah bagaimana menjaga lingkungan kerja tetap bersih," kata Djoni.

Hal senada dikemukakan Wakil Ketua II STP Trisakti Nurbaeti. Kebersihan di lingkungan kerja juga penting saat menjalankan bisnis. Karena orang bisa batal makan di resto begitu lihat dapur restornya kotor dan berantakan.

"Paling tidak kita tahu cara membersihkan noda kerak membandel pakai bahan kimia apa. Tidak cuma modal gosok-gosok, tapi juga ada caranya," kata Nurbaeti menandaskan.

Ditanya soal rencana magang yang akan dijalankan tahun depan, Theo maupun Meike mencoba industri di Hongkong dan Amerika. Mereka ingin mendapat pengalaman global saat magang. Sementara Risyad ingin magang di restoran dalam negeri untuk belajar teknik masak yang benar.

Sementara Ketua STP Trisakti Fetty Asmaniati menambahkan, kampusnya ingin mahasiswa mengenal pekerjaan yang akan digeluti setelah lulus, sekaligus merasakan tekanan di dunia kerja melalui kegiatan 'Hospitality Familiarization Program’ ini.

Kegiatan tersebut diikuti 235 mahasiswa dari Departemen Pengelolaan Perhotelan semester dua. Sekitar 30 persen peserta merupakan mahasiswa penerima KIP Kuliah dari pemerintah dan beasiswa dari Pemda Provinsi DKI Jakarta.

Fetty menegaskan, mahasiswa penerima KIP Kuliah diperlakukan sama seperti mahasiswa reguler lainnya. Karena kualitas lulusan harus memenuhi standar yang ditetapkan bersama STP Trisakti dengan industri.

"Termasuk kegiatan 'Hospitality Familiarization Program' guna memberi mahasiswa 'Hotel Experience'. Seharusnya kegiatan itu dilakukan awal semester, tapi baru dilaksanakan pada semester kedua ini," lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3486 seconds (0.1#10.140)