Perbandingan Biaya Kuliah PTN Jalur Mandiri Vs PTS, Mana yang Lebih Mahal?

Rabu, 29 Maret 2023 - 17:46 WIB
loading...
Perbandingan Biaya Kuliah PTN Jalur Mandiri Vs PTS, Mana yang Lebih Mahal?
Universitas Sebelas Maret (UNS). Foto/Dok/Humas UNS
A A A
JAKARTA - Perbandingan biaya kuliah antara perguruan tinggi negeri ( PTN ) dan perguruan tinggi swasta (PTS) perlu diketahui oleh pelajar yang akan melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah.

Sebab, sebentar lagi siswa kelas 3 SMA akan melangkah ke bangku kuliah dan mengikuti alur penerimaan mahasiswa baru dari kampus bidikannya.



Berdasarkan hasil penelusuran tim Litbang MPI, berikut adalah perbandingan biaya kuliah beberapa PTN jalur mandiri vs PTS.

1. UNS Vs Gunadarma


Universitas Sebelas Maret (UNS) mematok Uang Kuliah Tunggal (UKT) program sarjana jalur seleksi mandiri dengan nominal berbeda dan dibagi dalam 8 golongan. Untuk golongan 1 dan 2 tahun 2022, UKT di seluruh fakultas sebesar Rp475.500 dan Rp974.500.

Sementara itu, UKT golongan 3 hingga 8 berbeda, tergantung fakultas. Di fakultas kedokteran dengan prodi kedokteran, misalnya, peserta didik dengan UKT golongan 3 harus membayar Rp6.725.500 untuk setiap semester. Sementara, kelompok 8 di jurusan kedokteran UKT yang dipatok sebesar Rp21.815.000.

Mahasiswa yang masuk melalui seleksi mandiri juga harus memberikan SPI atau Sumbangan Pengembangan Institusi Pendidikan dan dibagi atas 4 kelompok. Untuk program studi (prodi) kedokteran, kelompok pertama menyumbang Rp25 juta dan kelompok 4 menyumbang dana dengan nominal lebih dari Rp100 juta.



Nominal tersebut tidak jauh berbeda dengan PTS terkenal di Indonesia, Universitas Gunadarma. Universitas ini memiliki 3 grade bagi mahasiswa yang mengacu pada potongan Uang Sumbangan Pembangunan (USP) atau uang gedung, yakni grade AA, A, dan B.

Grade AA berarti uang gedung lebih murah lantaran potongan biaya yang cukup besar. Selanjutnya, grade A berarti uang gedung yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan grade AA, karena potongan biaya yang tidak terlalu besar. Terakhir, grade B harus membayar uang gedung yang lebih mahal karena potongan biayanya sedikit atau tanpa potongan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)